
Analisis Kesulitan Belajar Dan Suasana Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan
Pengarang : Ambrosius Kerong - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar yang sering dialami dan mengetahui suasana belajar matematika yang paling diharapkan oleh siswa kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan survei menggunakan instrumen angket. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yaitu: pertama, kesulitan belajar yang sering dialami oleh siswa dalam pembelajaran matematika adalah kesulitan belajar operasi hitung matematika dengan persentase sebesar 71,89% berada pada kategori sedang. Kedua, suasana belajar yang paling diharapkan oleh siswa dalam pembelajaran matematika adalah suasana belajar yang menantang (menggunakan materi dan kegiatan belajar sesuai dengan kemampuan dan tahapan perkembangan peserta didik) dengan persentase sebesar 84,37% berada pada kategori sedang.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Suasana Belajar, Matematika
This research aims to identify the learning difficulties that are often experienced and find out the students' mathematics learning Environment that is most expected by class VIII of SMP Frater Don Bosco Tarakan. The type of research used is descriptive research. The data collection technique in this research was a survey using a questionnaire instrument. Next, the data was analyzed using descriptive statistical analysis techniques. The research results are: first, the learning difficulties often experienced by students in learning mathematics are mathematical arithmetic operations with a percentage of 71.89% in the medium category. Second, the learning environment most expected by students in learning mathematics is challenging (using learning materials and activities based on the student's abilities and stages of development) with a percentage of 84.37% in the medium category. Keywords: Learning Difficulties, Learning Environment, Mathematics