
Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Desi Mandua - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Tarakan dengan Populasi sebanyak 209 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel cluster random sampling sehingga didapat jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 137 responden. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan instrumen skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujian hipotesis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan dengan persamaan regresi Y = 20.763 + 0,875 X. Sedangkan Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa minat belajar memberikan pengaruh sebesar 13,3% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan.
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika
This research aims to determine whether there is an influence of learning interest on the mathematics learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 5 Tarakan, The type of research is quantitative with survey methods. This research was conducted at SMP Negeri 5 Tarakan with a population of 209 students. The sampling technique used cluster random sampling and the number of samples in this study was 137 respondents. The data collection method used in this research is a questionnaire with a Likert scale instrument. The data analysis technique uses simple regression analysis and t-test hypothesis testing. The results of this study indicate that there is a partially significant influence between learning interest on the mathematics learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 5 Tarakan with the regression equation Y = 20,763 + 0,875 X. Meanwhile, based on the results of the coefficient of determination, it is known that learning interest has an influence of 13,3 % on the mathematics learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 5 Tarakan. Keywords. Learning Interest, Learning Outcomes, Mathematics