
Niat Menggunakan Mobile Banking Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UBT)
Pengarang : Iis Latifah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kegunaan, kemudahan, kepercayaan, sikap dan niat seseorang untuk menggunakan mobile banking (studi pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas borneo Tarakan). Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM). Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, cara mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan Teknik pengumpulan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan yang berniat menggunakan mobile banking dengan jumlah sampel sebanyak 350 responden. Metode analisis yang digunakan adalah partial least square (PLS ver.4). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kegunaan, kemudahan, kepercayaan, dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan mobile banking.
Kata kunci :Technology Acceptance Model, Niat, Mobile banking
This research aims to examine the influence of a person's usefulness, convenience, trust, attitude and intention to use mobile banking (study of students at the Faculty of Economics, University of Borneo, Tarakan). The theoretical approach used in this research is the Technology Acceptance Model (TAM). This research uses a quantitative approach with a survey method, collecting data using a questionnaire. The sampling method used was nonprobability sampling with a purposive sampling technique. The sample in this research were students from the Faculty of Economics, University of Borneo Tarakan who intended to use mobile banking with a sample size of 350 respondents. The analysis method used is partial least squares (PLS ver.4). The results of this research show that the variables usability, convenience, trust and attitude have a positive and significant effect on the intention to use mobile banking. Keywords: Technology Acceptance Model, Intention, Mobile banking