Eksplorasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eksplorasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan

Eksplorasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Revi Haluya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi persamaan linear satu variable (PLSV). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tarakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 pada kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa dengan 3 siswa yang memiliki nilai di atas KKM dan 5 siswa yang memiliki nilai di bawah KKM. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis data diperoleh dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian tentang kemampuan pemahaman konsep matematika (KPKM), menunjukkan bahwa indikator kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep dilakukan dengan cara mendefinisikan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV), indikator kemampuan memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep dilakukan dengan cara menentukan PLSV dan bukan PLSV, indikator kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika dilakukan dengan cara mendefinisikan bentuk gambar dan indikator kemampuan mengaplikasikan konsep ke dalam bentuk pemecahan masalah dilakukan dengan tahapan memodelkan matematika, memahami masalah, menyelesaikan masalah dan membuat kesimpulan. Selain itu, temuan unik pada penelitian ini terdapat subjek yang mampu menyelesaikan soal biasa akan tetapi kesulitan dalam membuat model matematika pada soal pemecahan masalah.

Kata Kunci: Eksplorasi, Kemampuan Pemahaman Konsep

This study explores students' mathematical concepts and understanding competence in the material of linear equation one variable (PLSV). The research was conducted at SMP Negeri 4 Tarakan in the odd semester of the 2023/2024 school academic year at VIII class. The researcher employed qualitative research with a case study approach. The subjects were eight, with three students scoring above the minimum (KKM) and five scoring below the minimum (KKM). Data collection techniques in this study were document analysis and interviews. Data analysis techniques were obtained from data collection, condensation, presentation, conclusion drawing and verification. The results of the research on the competence to understand mathematical concepts (KPKM) showed that 1) the indicator of the competence to restate a concept was done by defining Linear Equation One Variable (PLSV), 2) the indicator of the competence to give examples and not examples of a concept was done by determining PLSV and not PLSV, 3) the indicator of the competence to present concepts in various forms of mathematical representation was done by defining the form of images, and 4) the indicator of the competence to apply concepts to problem-solving was done by the stages of modelling mathematics, understanding problems, solving problems and making conclusions. In addition, unique findings in this study were that subjects could solve ordinary problems but had difficulty making mathematical models on problem-solving problems. Keywords: Exploration, Concept Understanding Competence

Detail Informasi