
Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV A Pada Elemen Bilangan Di SDIT Ibnu Abbas Tarakan
Pengarang : Arindah Dwi Madhani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Numerasi merupakan kemampuan dalam mengaplikasikan konsep matematika pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas IV A pada elemen bilangan di SDIT Ibnu Abbas Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes numerasi yang disusun berdasarkan 4 indikator numerasi, serta dikaitkan dengan capaian pembelajaran elemen bilangan yang relevan. Setelah itu, peneliti mengambil masing-masing dua subjek dengan tingkat kognitif; tinggi, sedang, dan rendah untuk diwawancarai secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Indikator pertama dapat dipenuhi oleh subjek dengan kemampuan tinggi dan sedang, hanya saja salah satu subjek dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan dalam menjelaskan ide pemecahan masalah matematis secara tertulis. Sementara itu, subjek dengan kemampuan rendah tidak dapat memenuhi indikator tersebut. (2) Indikator kedua dapat dipenuhi oleh seluruh subjek, baik yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, maupun rendah. (3) Indikator ketiga dapat dipenuhi oleh subjek dengan kemampuan tinggi dan kemampuan sedang, sedangkan subjek dengan kemampuan rendah tidak dapat memenuhinya. (4) Indikator keempat hanya dapat dipenuhi oleh subjek dengan kemampuan tinggi, sedangkan subjek dengan kemampuan sedang dan rendah tidak dapat memenuhi indikator tersebut, baik dalam capaian membandingkan pecahan maupun menunjukkan pemahaman pada bilangan desimal. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi, sedang maupun rendah mampu membaca informasi pada gambar. Kemampuan ini mengindikasikan capaian kompetensi siswa dalam mengurutkan bilangan sudah sesuai dengan capaian pembelajaran Fase B.
Kata Kunci: Numerasi, Kemampuan Matematika, Elemen Bilangan
Numeracy is the ability to apply mathematical concepts to everyday life. This research aimed to describe the numeracy abilities of class IV A students on number elements at SDIT Ibnu Abbas Tarakan. The type of research used was descriptive qualitative which carried out the data collection using a numeracy test based on 4 numeracy indicators and linked to learning achievements of relevant number elements. After that, the researcher interviewed two subjects, each with a cognitive level high, medium, and low in depth. The results of the research stated that (1) Subjects can meet the first indicator with high and moderate abilities; only one of the subjects with moderate abilities needs help explaining mathematical problem solving ideas in writing. Meanwhile, subjects with low abilities cannot meet these indicators. (2) All subjects can meet the second indicator, whether they have high, medium or low abilities. (3) The third indicator can be fulfilled by subjects with high and medium ability, while subjects with low ability cannot fulfil it. (4) The Fourth indicator can only be met by subjects with high ability. In contrast, the subjects with medium and low ability cannot fulfil this indicator, both in terms of comparing fractions and showing an understanding of decimal numbers. This research concluded that students with high, medium and low abilities are able to read information in pictures. This ability indicates that students’ competency achievements in ordering numbers are in accordance with Phase B learning outcomes. Keyword: Numeracy, Mathematical ability, Numbers