
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Teori Belajar Bruner Berbantuan Kartu Angka Pada Siswa Kelas I SDN 005 Tarakan
Pengarang : Wiwina Kasing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan teori belajar Bruner berbantuan kartu angka pada siswa kelas I SDN 005 Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 005 Tarakan. Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiaan ini adalah siswa kelas I SDN 005 Tarakan, yaitu sebanyak 22 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dari 2 kali pertemuan proses belajar mengajar dan 1 kali pertemuan untuk tes pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan teori belajar Bruner berbantuan kartu angka dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN 005 Tarakan, dengan materi penjumlahan dan pengurangan. Hasil penelitian mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar ditunjukan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 75 dengan persentase ketuntasan 13,6%. siswa dengan kategori baik pada siklus . Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai tes hasil belajar rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan 68,2%.
Kesimpulan penelitian Tindakan kelas (PTK) ini adalah Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan teori belajar Bruner berbantuan kartu angka pada siswa kelas I SDN 005 tarakan
Kata Kunci: Teori Bruner, Hasil Belajar Matematika, Kartu Angka
This research aimed to determine the improvement in mathematics learning achievement by using Bruner's learning theory assisted with number cards in first-grade students at SDN 005 Tarakan. Conducted as classroom action research (CAR), the research consisted of two cycles, each comprising four stages: planning, implementing action, observing, and reflecting. The subjects were 22 first-grade students at SDN 005 Tarakan. Data collection techniques included teacher observation sheets, student observation sheets, and tests conducted at the end of each cycle. Each cycle comprised two meetings for teaching and learning and onc meeting for testing. The findings indicate a notable improvement in students' mathematics proficiency, specifically in addition and subtraction. In Cycle I, students achieved an average test score of 75, with only 13.6% meeting the minimum passing criteria (KKM). Subsequently, Cycle Il demonstrated significant progress, with students achieving an average test score of 85 and 68.2% meeting the KKM. These results underscore the efficacy of Bruner's theory when integrated with number cards as a pedagogical tool. The results indicated that applying Bruner's learning theory assisted with number cards improved the mathematics learning achievement of the first-grade students, particularly in addition and subtraction learning materials. There was a notable increase in the number of students achieving the minimum completeness criteria. In cycle I, the mean score was 75 with a completion percentage of 13.6%. By cycle II, there was a significant improvement, with the mean score rising to 85 and the completion percentage reaching 68.2%. The conclusion of this classroom action research was that the use of Bruner's learning theory assisted with number cards effectively enhanced the mathematics learning achievement for the first-grade students at SDN O05 Tarakan. Keywords: Bruner Theory, Mathematics Learning Achievement, Number Cards