
Deskripsi Kemampuan Membaca Literal Dan Inferensial Pada Siswa Kelas IV-B SD Negeri Utama 2 Tarakan
Pengarang : Niki Andriyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Membaca pemahaman suatu bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap proses kegiatan belajar, dengan membaca pemahaman ini kita dapat memahami isi teks atau bacaan yang kita baca sehingga kita dapat mengetahui alur bacaan tersebut. Membaca pemahaman memiliki 5 jenis tingkatan membaca, yaitu membaca literal, inferensial, kritis, dan evaluatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca literal dan inferensial pada siswa kelas IV-B SD Negeri Utama 2 Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri Utama 2 Tarakan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru wali kelas IV-B SD Negeri Utama 2 Tarakan, diketahuiterdapat siswa dengan tingkat pemahaman membaca yang masih kurang pada bagian mata pelajaran Bahasa Indonesia. hal ini tampak dari hasil dokumentasi nilai PTS siswa tahun 2024 pada kelas IV-B. dengan hasil nilai terendah siswa pada mata pelajaran indonesia adalah 31 dan jauh dari nilai KKM Bahasa Indonesia yang bernilai 75. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian in berupa tes tertulis kemampuan membaca literal dan inferensial, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman. Sebanyak 25 siswa kelas IV-B akan menjadi partisipan untukmengikuti tes yang diberikan. Setelah itu peneliti memilih6 siswa secara random sebagai subjek penelitian yangkemudian akan dikelompokkan menjadi 3 kategori berdasarkan hasil kemampuan membaca literal dan inferensial siswa darinilai tinggi, sedang dan rendah. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang belum mampu dalam membaca pemahaman dengan baik. berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan kepada siswa, terdapat indikator soal yang dimana siswamasih kurang dalam memahaminya seperti pemahaman pada suatu teks bacaan yang telah dibaca yaitu pada bagian menentukan tokoh dan watak tokoh yang terdapat pada teks bacaan dan menentukan suatu amanat atau pesan yang terkadung dalam suatu teks bacaan.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Literal dan Inferensial, Bahasa Indonesia, Siswa
Reading comprehension is an integral part of every learning process. With reading comprehension, we can understand the content of the text that we read. Thus, we can identify the flow of the reading. Reading comprehension has 5 types of reading levels, namely literal, inferential, critical, and evaluative reading. This study aims to determine the ability of literal and inferential reading of class IV-B students in SD Negeri Utama 2 Tarakan. This research used descriptive qualitative research. The data source of this research were students of class IV-B SD Negeri Utama 2 Tarakan. Concerning the results of interviews and observations with the homeroom teacher of IV-B SD Negeri Utama 2 Tarakan, it is revealed that there were students with a level of reading comprehension who were still lacking in the Indonesian language section. The documentation of students’ PTS scores in 2024 in class IV-B confirmed the aforementioned condition, namely the results of the students’ lowest score in Indonesian subject was 31 and did not gain 75 as the score of minimum completeness criteria of Indonesian subject. Data collection techniques used in this study were written tests of literal and inferential reading skills, interviews and documentation. The data analysis technique in this study employed the Miles and Huberman model analysis technique. A total of 25 students in class IV-B were the participants. Additionally, the researcher chose 6 students randomly as research subjects who were grouped into 3 categories based on the results of students’ literal and inferential reading skills ranging from high, medium and low scores. The results in this study indicated that there were still students who had not been able to read comprehensively. Moreover, based on the test results that had been conducted to students, the students were still lacking in several indicators while reading the text i.e., the section determining the characters, their characterization, and the moral values presented in the reading text. Keywords: Literal and Inferential Reading Skills, Indonesian Language, Students