
Dampak Bermain Game Online Dalam Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas III SD Alam Binari Tarakan
Pengarang : Alif Hidayat - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Game online adalah sebuah permainan online yang dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai sebuah misi dan tujuan tertentu sehingga meraih poin tertinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja dampak bermain game online dalam interaksi sosial siswa dan faktor apa saja yang menjadikan siswa kecanduan dalam bermain game online pada siswa kelas III SD Alam binari Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 4 siswa dimana dipilih berdasarkan siswa yang bermain game online dan siswa yang tidak dalam gangguan belajar serta bukan siswa spesial. Pengumpulan data dilakukan tes angket dan dikonfirmasi dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dampak positif bermain game online dalam interaksi sosial pada siswa kelas III SD Alam binari Tarakan adalah dapat meningkatkan kerja sama dan mampu melatih fokus serta konsentrasi siswa. (2) Dampak negatif bermain game online dalam interaksi sosial pada siswa kelas III SD Alam binari Tarakan adalah dapat membuat siswa menjadi acuh terhadap lingkungan sekitar dan dapat membuat siswa mengeluarkan kata kata yang tak pantas dalam berteman. (3) Faktor internal yang membuat siswa kecanduan dalam bermain game online adalah keinginan sendiri yang diakibatkan oleh rasa candu dalam bermain game online juga karena rasa bosan ketika berada di rumah. (4) Faktor eksternal yang membuat siswa kecanduan dalam bermain game online adalah lingkungan sekitar dan tidak adanya teman sebaya ketika berada di rumah.
Kata Kunci: Bermain, Game Online, Interaksi Sosial
An online game is on online game that two or more people can play to achieve a specific mission and goal to get the highest points. This study aims to describe the impacts of online games on students'social interactions and the factors that make third-grade students addicted to playing online games in SD Alam Binari Tarakan. The research used qualitatively. The research subjects amounted to 4 students, selected based on students who played online games and students who didi not have learning disorders and were not exceptional. Data collection was carried out by questionnaire tests and confirmed by interviews. The results showed that (1) The positive impact of playing online games can improve cooperation and be able to train students' focus and concentration. (2) The negative impact of playing online games is that it can make students indifferent to the surrounding environment and make students say inappropriate words when making friends. (3) Internal factors that made students addicted ti playing online games are their desire caused by addiction in playing online games as well as boredom when they were at home. (4) External factors that made students addicted to playing online games were the surrounding environment and peers when they were at home. Keywords: Online Games, Social Interaction