
Instrumental Musik Sampe Sebagai Media Dimensi Berkhebinekaan Global Siswa SMP Negeri 3 Tarakan.
Pengarang : Salnia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Profil Pelajar Pancasila dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang pesat, pergeseran sosial budaya, perubahan lingkungan, dan perbedaan lingkungan kerja di semua tingkat di lapangan bidang pendidikan dan kebudayaan di masa yang akan datang. Menerapkan nilai – nilai budaya ke dalam pembelajaran di sekolah adalah sarana untuk mentransformasikan nilai – nilai budaya tersebut menjadi bermakana dan sesuai dengan kondisi lingkungan di mana siswa berada. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dari segi kelayakan pada pengembangan Instrumental musik Sampe sebagai media dimensi Berkhebinekaan Global Siswa SMP Negeri 3 Tarakan. Hasil validasi dari ahli media diperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Efektif”, hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 77% dengan kriteria “Cukup Efektif”. Kemudian uji coba produk dilakukan pada kelompok terbatas yaitu kelas 7.3 yang berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil jawaban lembar evaluasi siswa peneliti menyimpulkan bahwa “Siswa tertarik akan media Instrumental musik Sampe tersebut, dikarenakan musik Sampe terlihat seperti gitar dan dengan melalui media ini mereka lebih mengenal budaya yang ada khususnya budaya suku Dayak Kenyah Lepo’Tau serta siswa mampu menghargai budaya yang ada disekitar tempat tinggal mereka”. Sehingga dapat disimpulkan, Instrumental musik Sampe sebagai media berkhebinekaan global siswa SMP Negeri 3 Tarakan memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan.
Kata Kunci: Instrumental Musik Sampe, Berkhebinekaan Global, Siswa
The Pancasila Student Profile initiative is driven by rapid technological advancements, socio-cultural shifts, environmental changes, and evolving work environments across various educational and cultural fields. Integrating cultural values into school learning environments is essential for transforming these values into meaningful and contextually appropriate experiences for students. This research employed a Research and Development (R&D) approach to evaluate the feasibility of using Sampe music instrumentation as a medium to promote the Global Diversity dimension to students at SMP Negeri 3 Tarakan. The study's findings revealed that validation by media experts resulted in a 95% approval rating. categorized as "Very Effective." Material experts provided a 77% approval rating, categorized as "Fairly Effective." A product trial was conducted with a limited group of 22 students from class 7.3. Student feedback indicated a strong interest in the Sampe music instrumental medium because it resembles a guitar. Through this medium, students became more familiar with local cultures, particularly the Dayak Kenyah Lepo Tau tribe, and were able to better appreciate the cultural heritage surrounding their community. In conclusion, the use of Sampe music instrumentation as a medium for promoting Global Diversity to students at SMP Negeri 3 Tarakan met the eligibility criteria for effective use in educational settings. Keywords: Instrumental of Sampe Music, Global Diversity, Students