
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Teguh Prayogo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Trakan yang memiliki minat belajar paling rendah dari siswa lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket minat lalu dilanjutkan dengan wawancara serta observasi terhadap subjek dan partisipan yang terlibat. Hasil penelitian faktor yang mempengaruhi rendahnya minat dari subjek penelitain berasal dari beberapa aspek yaitu aspek keluarga dan lingkungan masyarakat. Aspek yang paling berpengaruh yaitu dari aspek lingkungan masyarakat yang dimana ketiga siswa ini terpengaruh dari pergaulan teman sebaya yang buruk dan teknologi yang berkembang di lingkungan masyarakat contohnya penggunaan gadget yang berlebihan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar ketiga subjek yaitu penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan tidak hanya digunakan untuk mengakses sosial media tetapi juga digunakan untuk bermain game. Tidak hanya itu faktor pendukung subjek menggunakan smartphone yang berlebihan atau menemaninya bermain yaitu teman sebaya subjek.
Kata Kunci: Analisis, Faktor yang mempengaruhi Minat, Minat Belajar
This study aimed to analyze the factors that influence the low learning interest of class VIII students of SMP Negeri 7 Tarakan. The type of research was descriptive gualitative research. The subyjects in this study were 3 students of class VIII SMP Negeri 7 Tarakan who had the lowest learning interest from other students. Data collection was carried out by distributing interest guestionnaires then followed up with interviews and observations of the subjects and participants involved. The results of the research on factors that influence the low learning interest of the research subjects came from several aspects, namely the family aspect and the community environment. The most influential aspect was from the aspect of the community environment where these three students were influenced by poor peer relationships and technology developing in the community environment, for example excessive use of gadgets. Therefore, it can be concluded that the factor that influences the low learning interest of the three subjects was the excessive use of smartphones that were not only used to access social media but also used to play games. Furthermore, the supporting factor for the subject to use an excessive smartphone or accompany them to play was the subject's peers. Keywords: Analysis, Factors Affecting Interest, Learning Interest