Hubungan Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 032 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 032 Tarakan

Hubungan Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 032 Tarakan

Pengarang : Rizky Firmansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas V di SDN 032 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yakni kedisiplinan (X) sebagai variabel independen dan hasil belajar (Y) sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi hasil belajar siswa berdasarkan nilai penilaian tengah semester siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji f diperoleh f_hitung 19,515 > f_tabel 4.05 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti bahwa terdapat hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar siswa di kelas V SDN 032 Tarakan. Adapun hasil pengujian korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar = 0.59, yang menunjukkan bahwa hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar siswa berada pada kategori sedang.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kedisiplinan, Siswa Sekolah Dasar

This research aims to find out the relationship between discipline and the students’ learning outcomes of class V at SDN 032 Tarakan. This type of research is quantitative research with a descriptive quantitative approach. In this research, there are two variables, discipline (X) as the independent variable and learning outcomes (Y) as the dependent variable. The data collection technique used in this research is a questionnaire and documentation of student learning outcomes based on students’ mid-semester assessment scores. Based on the results of hypothesis testing using the f test, it was obtained f count 19,515 > f table 4.05 with a significance level of 5%. This shows that the null hypothesis (Ho) is rejected, and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, it means that there is a relationship between discipline and student learning outcomes in class V SDN 032 Tarakan. The results of the product-moment correlation coefficient (r) obtained was = 0.59, which shows that the relationship between discipline and student learning outcomes is in the medium category. Keywords: Learning Outcomes, Discipline, Elementary School Students

Detail Informasi