
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Parah Ain - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan ditinjau dari kemandirian belajar Tingkat Rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, wawamcara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peserta didik dengan kategori kemandirian belajar rendah belum mampu menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik. Peserta didik pada kategori ini hanya mampu menyelesaikan masing-masing satu indikator yaitu memahami masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar, Matematika
The research aims to describe the mathematical problem-solving abilities of students in class VIII at SMP Muhammadiyah 1 Tarakan reviewed from low-level learning independence. This type of research is gualitative with a descriptive approach. The data were collected from guestionnaires, tests, interviews, and documentation. The data analysis technigues used are data reduction, data presentation, and conclusion. The research results show that students in the low learning independence category have not been able to complete the mathematical problem-solving ability test well. Students in this category are only able to complete each indicator, including understanding the problem and implementing a resolution plan. Keywords: Problem-Solving Ability, Independent Learning, Mathematics