
Developing Interactive Media Using Ispring Suite 9 In Simple Present Tense Learning For Seventh Grade Students At SMPN 1 Tanjung Selor
Pengarang : Azizah Hitari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif dengan menggunakan iSpring Suite 9 yang berbasis aplikasi media pembelajaran sebagai desain dan materi interaktif simple present tense yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa inggris pada siswa kelas VII di SMPN 1 Tanjung Selor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode campuran. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; dan (5) Evaluation. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan terdiri dari angket kebutuhan siswa, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket validasi ahli bahasa, angket uji kepraktisan media, wawancara kepraktisan media, angket respon siswa, dan wawancara respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli materi memperoleh persentase nilai 92% dengan kualifikasi “Sangat Layak”, validasi dari ahli media memperoleh persentase nilai 85,4% dengan kualifikasi “Layak”, validasi dari ahli bahasa memperoleh persentase nilai 85,4% dengan kualifikasi “Layak”, kepraktisan media memperoleh persentase nilai 90,9% dengan kualifikasi “Sangat Praktis”, dan respon siswa terhadap media interaktif yang telah dikembangkan memperoleh nilai 85,48% dengan kualifikasi “Bagus”. Maka dari itu, media interaktif menggunakan iSpring Suite 9 pada pembelajaran simple present tense ini layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran bahasa inggris siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung Selor.
This study aimed to develop interactive media using Spring Suite 9, a media application-based learning tool designed to create effective interactive simple present tense materials for English language learning among seventh-grade students at SMPN 1 Tanjung Selor. This research followed the Research and Development (R&D) framework using the ADDIE model, which consists of five stages: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; and (5) Evaluation. The instruments used in this study included student needs questionnaires, material expert validation questionnaires, media expert validation questionnaires, language expert validation questionnaires, media practicality test questionnaires, media practicality interviews, student response questionnaires, and student response interviews. The result indicated that the material expert validation received a score percentage of 92% with the qualification of "Very Suitable", the media expert validation received a score percentage of 85.4% with the qualification of "Suitable", the language expert validation received a score of percentage of 85.4% with the qualification of "Suitable", the media practicality received a score percentage of 90.9% with the qualification of "Very Practical", and student responses to the developed interactive media received a score percentage of 85.48% with the qualification of "Good". Therefore, the interactive media using iSpring Suite 9 for learning the simple present tense was deemed suitable and practical for use as an English learning tool for seventh-grade students at SMPN 1 Tanjung Selor.