Modal Niat Berwirausaha Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Modal Niat Berwirausaha Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan)

Modal Niat Berwirausaha Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan)

Pengarang : Juwita Esa Bella - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, keinginan yang dirasakan, dan kelayakan yang dirasakan terhadap niat berwirausaha yang berasal dari Universitas Borneo Tarakan. Dengan menggunakan pendekatan teori gabungan yakni Theory Of Planned Behavior dan Theory Shapero Entrepreneurial Event Model. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 420 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) yang di operasionalkan menggunakan software SPSS versi 29 dan LISREL versi 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keinginan yang dirasakan, norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap keinginan yang dirasakan, norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelayakan yang dirasakan, kontrol perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelayakan yang dirasakan, keinginan yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha, dan kelayakan yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha.

Kata Kunci : Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Keinginan Yang Dirasakan, Kelayakan Yang Dirasakan, dan Niat Berwirausaha

This study aimed to examine the effect of attitudes, subjective norms, behavioral control, perceived desirability, and perceived feasibility on entrepreneurial intentions from the University of Borneo Tarakan by using a combined theoretical approach, namely Theory of Planned Behavior and Shapero Entrepreneurial Event Model. The sampling method used was nonprobability sampling, namely purposive sampling. The number of samples used was 420 respondents. Data collection was carried out by distributing questionnaires. The analysis technique used was SEM (Structural Equation Modeling) which was operationalized using SPSS version 29 and LISREL version 8.80 software. The results of this study indicate that attitudes had a positive and significant effect on perceived desirability, subjective norms had a positive and significant effect on perceived desirability, subjective norms had a positive and significant effect on perceived feasibility, behavioral control had a positive and significant effect on perceived feasibility, perceived desirability had a positive and significant effect on entrepreneurial intention, and perceived feasibility had a positive and significant effect on entrepreneurial intention. Keywords : Attitude, Subjective Norms, Behavioral Control, Perceived Desirability, Perceived Feasibility, and Entrepreneurial Intention

Detail Informasi