
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Prokrastinasi Akademik Di SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Lusiana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini berfokus pada perilaku prokrastinasi akademik pada siswa di SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pengaruh Layanan Bimbingan kelompok dapat mempengaruhi prokrastinasi siswa di SMP Negeri 4 Tarakan. Pengambilan data dilakukan melalui skala prokrastinasi oleh teori Ferrari (dalam Ghufron & Risnawita, 2017). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan yang berjumlah 96 siswa dan penarikan sampel yang digunakan Random Sampling yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini memakai metode penelitian Pra-Eksperimen desain menggunakan one group pre-test post-test dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis menggunakan analisis statistik nonparametic yaitu uji paired sample test yang dimana berdasarkan hasil nilai Asymp.Sig, (2-tailed) untuk uji dua arah adalah sebesar 0,000 < 0,005 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan postest, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tarakan.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Prokrastinasi Akademik
This study examines the academic procrastination behavior of students at SMP Negeri 4 Tarakan. The study aims to determine the influence of Group Guidance Services on student procrastination at SMP Negeri 4 Tarakan. Based on Ferrari's theory, data was collected through a procrastination scale (in Ghufron & Risnawita, 2017). The type of research used in this study is an experiment design with a quantitative approach. The population comprised 96 students in class VIII at SMP Negeri 4 Tarakan, and a sample of 26 students was drawn using random sampling. This study used a pre-experimental research method with a one-group pre-test, post-test design and a quantitative approach. The data analysis technique used descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results of the Wilcoxon Signed Ranks test show a statistically significant difference (Asymp.Sig. (2-tailed)=0.000 < 0.005) between the pre-test and post-test means. It indicates that Group Guidance Services had a significant influence on the academic procrastination of class VIII students at SMP Negeri 4 Tarakan. Keywords: Group Guidance, Academic Procrastination