Pandangan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan Terhadap Penggunaan Etnomatematika Budaya Toraja Dalam Pembelajaran Matematika | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pandangan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan Terhadap Penggunaan Etnomatematika Budaya Toraja Dalam Pembelajaran Matematika

Pandangan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan Terhadap Penggunaan Etnomatematika Budaya Toraja Dalam Pembelajaran Matematika

Pengarang : Sindy Parintak - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Hadirnya etnomatematika dalam pembelajaran Matematika sangat tepat di Indonesia. Hal itu dikarenakan Indonesia memiliki beberapa keunikan budaya yang menjadi ciri khas disetiap daerahnya. Keanekaragaman budaya di Indonesia mengacu pada unsur-unsur seperti kepercayaan atau pengetahuan. Hubungan antara budaya dengan ilmu pengetahuan khususnya Matematika dapat ditemukan dalam etnomatematika, salah satunya di Toraja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan siswa kelas X SMA Negeri 3 Tarakan terhadap penggunaan etnomatematika budaya Toraja dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan siswa yang memiliki minat tinggi dan rendah terhadap pembelajaran matematika, dengan saran dari guru matematika. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan memanfaatkan konteks budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandangan siswa terhadap konteks pembelajaran Matematika dipengaruhi oleh minat belajar siswa terhadap mata pelajaran tersebut dan penerapan etnomatematika budaya Toraja dalam pembelajaran Matematika dapat menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan minat, pemahaman, dan keterampilan siswa dalam belajar Matematika, serta mengaitkan konsep Matematika dengan budaya lokal untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan relevaan bagi siswa.

Kata Kunci: Etnomatematika, Konteks Pembelajaran, Pandangan Siswa

The presence of ethnomathematics in learning mathematics is very appropriate in Indonesia. This is due to the fact that Indonesia has several unique cultures that characterize each region. Cultural diversity in Indonesia refers to elements such as belief or knowledge. The relationship between culture and science, especially mathematics, can be found in ethnomathematics, one of them in Toraja. This study aimed to determine the views of grade X students of SMA Negeri 3 Tarakan towards the use of ethnomathematics of Toraja culture in mathematics learning. The method used in this research was qualitative research with a case study approach The research subjects were selected using a purposive sampling technique involving students who have high and low interest in mathematics learning, with advice from the mathematics teacher. Data were collected through interviews and documentation. This research contributes to improving the quality of mathematics learning by utilizing local cultural contexts. The results showed that students 'perception of the context of learning Mathematics is influenced by students' interest in the subject and the application of ethnomathematics of Toraja culture in learning Mathematics. It can be one of the effective strategies to increase students' interest, understanding, and skills in learning Mathematics, as well as linking Mathematics concepts with local culture to create more meaningful and relevant learning for students. Keywords: Ethnomathematics, Learning Context, Students' Views

Detail Informasi