Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Kelas IV SDN 035 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Kelas IV SDN 035 Tarakan

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Kelas IV SDN 035 Tarakan

Pengarang : Cindy Yutabse Lalong - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan wali kelas IV B SDN 035 Tarakan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan meyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN 035 Tarakan adalah perencanaan yaitu pembentukan tim fasilitator, analisis tingkat kesiapan satuan pendidikan, pemilihan tema dan alokasi waktu projek, menyusun modul projek, dan merancang strategi pelaporan hasil projek. Kemudian pelaksanaan, yaitu tehap pengenalan, aksi, tindak lanjut atau refleksi. Dan evaluasi projek yaitu evaluasi proses. Hal ini ditunjukan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di kelas IV B SDN 035 Tarakan.

Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Projek

This research aimed to describe the stages in the implementation of the Strengthening Pancasila Student Profile (P5) Project. The research method was descriptive qualitative, and the sample was the principal and homeroom teacher of class IV B at SDN 035 Tarakan. Data collection techniques included interviews, observation, and documentation. The data were analyzed based on Miles and Huberman's theory, reducing data, presenting data, and concluding data. The research discovered that the stages in implementing the Strengthening Pancasila Student Profile (P5) Project at SDN 035 Tarakan were planning consisting of forming a facilitator team, analyzing the level of readiness of the educational unit, selecting themes, and allocating project time, compiling project modules, and designing strategies for reporting project results. Then, implementation was the introduction, action, follow-up, or reflection stages. Meanwhile, the evaluation was in the form of a project report. From the results of interviews, observations, and documentation, the implementation of the Project empowers Pancasila Student Profile (P5) in class IV B SDN 035 Tarakan. Keywords: Merdeka Curriculum, Pancasila Student Profile, Project

Detail Informasi