Pengaruh Sarana Pendukung, Budaya, Dan Motivasi Terhadap Intensi Knowledge Sharing Dalam Implementasi E-Learning (Studi Pada : Dosen Universitas Borneo Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Sarana Pendukung, Budaya, Dan Motivasi Terhadap Intensi Knowledge Sharing Dalam Implementasi E-Learning  (Studi Pada : Dosen Universitas Borneo Tarakan)

Pengaruh Sarana Pendukung, Budaya, Dan Motivasi Terhadap Intensi Knowledge Sharing Dalam Implementasi E-Learning (Studi Pada : Dosen Universitas Borneo Tarakan)

Pengarang : Muhadir - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh sarana pendukung, budaya dan motivasi terhadap intensi knowledge sharing dalam implementasi e-learning pada dosen Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabilty sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah dosen Universitas Borneo Tarakan dengan persyaratan sampel dosen aktif atau tidak sedang lanjut studi dan pernah menggunakan aplikasi BEL (borneo e-learning) dan google classroom, dengan jumlah sampel 105 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sarana pendukung dan budaya tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi knowledge sharing dalam implementasi e-learning pada dosen Universitas Borneo Tarakan. Sedangkan, variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap intensi knowledge sharing dalam implementasi e-learning pada dosen Universitas Borneo Tarakan.

Kata kunci: Sarana Pendukung, Budaya, Motivasi, Intensi Knowledge Sharing, E-Learning, Dosen Universitas Borneo Tarakan

This research aims to prove the influence of supporting facilities, culture, and motivation on knowledge sharing intentions in the implementation of e-learning to a lecturer at the Borneo Tarakan University. This research uses a quantitative approach with a survey method. The sampling method used is non-probability sampling with a purposive sampling technique. The sample in the research were lecturers at the Borneo Tarakan University with the sample requirements being that the lecturers were active or not currently continuing their studies and had used the BEL (Borneo e-learning) and Google Classroom, with a sample size of 105 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis with the SPSS program version 26. The results of this study indicate that the supporting facilities and culture variables do not have a significant effect on knowledge sharing intentions in the implementation of e-learning to a lecturer at the Borneo Tarakan University. Meanwhile, the motivation variable has a significant effect on knowledge sharing intention in the implementation of e- learning to a lecturer at the Borneo Tarakan University. Keywords: Supporting Facilities, Culture, Motivation, Knowledge Sharing Intention, E-Learning, Lecturer at the Borneo Tarakan University

Detail Informasi