
Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Di Kelas V-C SDN 028 Tarakan
Pengarang : Evytri Natalia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) di kelas V-C SDN 028 Tarakan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan,yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 cara, yaitu tes dan non tes. Instrumen tes pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif siswa, sedangkan untuk instrumen non tes menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa, dan lembar pengamatan aktivitas mengajar guru. Hasil penelitian mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 71,10 dengan persentase ketuntasan 67,86% meningkat di siklus II dengan rata-rata nilai 78,21 dengan persentase ketuntasan 89,29%. Hasil belajar aspek psikomotorik siklus I memperoleh rata-rata nilai 70,87 dengan persentase ketuntasan 75,00 % meningkat di siklus II menjadi 79,46 dengan persentase ketuntasan 92,86%. Penilaian hasil belajar aspek afektif pada siklus I memeperoleh rata-rata nilai 70,14 dengan persentase ketuntasan 71,43% meningkat di siklus II menjadi 76,79 dengan persentase ketuntasan 85,71%. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas V-C SDN 028 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPAS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), SDN 028 Tarakan
The present research utilized Classroom Action Research to improve the natural science and sosial learning achievement of student by applying the group investigation (GI) type of cooperative learning model. Conducted over two cycles, each consinting of four stages planing, action implementation, obsrevation, and reflection the research utilized both test and non-test data colletion techniques. Test intrumen included a learning achievement test, a psychomotor assesment sheet, and an affective assessment sheet, while non-test intruments involved observation sheets for student learning activities and teacher teaching activities. The findings demonstrated consistent improvement across all mesured aspects. In the cognitive domain, the mean score increase4d from 71,10 with a completeness percentage og 67.86% in Cycle I to 78.21 with a completeness percentage of 89.29% in Cycle II. In the psychomotor domain, the mean score increased from 70.78 with a completeness percentage of 75.00% in Cycle I to 79.46 with a completeness percentage of 92.86% in Cycle II. Similary. The affective domain improved from a mean score of 70,14 with a completeness percentage of 71.43% in Cycle I to 76.79 with a completeness percentage og 85.71% in Cycle II. In conclusion, the application of the Group Investigation (GI) Type of Cooperative Learning model improved natural science and social learning achievement of students in Class V-C SDN 028 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Natural Science and Social, Group Investigation (GI) Type of Cooperative Learning Model, SDN 028 Tarakan