Hubungan Pola Belajar Peserta Didik Dengan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Pola Belajar Peserta Didik Dengan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 13 Tarakan

Hubungan Pola Belajar Peserta Didik Dengan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 13 Tarakan

Pengarang : Novita Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pola belajar merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan siswa untuk memahami materi pembelajaran. Apabila Pola tersebut dilakukan oleh siswa maka dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pola belajar dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu korelasional dimana korelasional merupakan Teknik yang digunakan untuk mengukur hubungan antara pola belajar (X) dengan hasil belajar (Y). Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling dimana tujuan khusus penelitian ini adalah mengambil siswa yang memiliki nilai Ujian Akhir Sekolah diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sebanyak 35 siswa dari kelas 7.1 dan 7.2. Instrumen yang digunakan merupakan kueisioner sebanyak 35 pernyataan untuk mengetahui bagaimana pola belajar yang dilakukan oleh siswa. Analis data yang digunakan yaitu analisis korelasi Rank Spearman dengan bantuan softwer SPSS untuk mempermudah dalam perhitungan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola belajar peserta didik dengan hasil belajar dalam pembelajaran IPA dengan nilai korelasi sebesar 0.690** yang artinya tingkat kekuatan korelasi antara kedua varibel tergolong dalam ketegori kuat dengan arah hubungan yang positif. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa pola belajar dan hasil belajar memiliki hubungan atau korelasi yang kuat.


Kata Kunci : Pola belajar, Hasil belajar, Korelasi, Pembelajaran IPA

Learning patterns are a series of activities carried out by students to understand learning material. If students carry out the pattern, it can affect their learning outcomes. This study aims to determine the relationship between learning patterns and student learning outcomes. The research used a correlational technique to measure the relationship between learning patterns (X) and learning outcomes (Y) The sampling technique was purposive sampling, and the specific purpose of this study was to take students who had School Final Exam scores above the Minimum Score Criteria (KKM), as many as 35 students from classes 7.1 and 7.2. The instrument used a questionnaire of 35 statements to determine how students carry out the learning pattern. The data analysis used was Rank Spearman correlation analysis with the help of SPSS software to facilitate data calculation. The results showed a relationship between students' learning patterns and learning outcomes in science learning with a correlation value of 0.690, which means that the correlation strength between the two variables was classified in a strong category with a positive relationship direction. This data showed that learning patterns and learning outcomes had a strong relationship or correlation. Keywords: Learning patterns, Learning outcomes, Correlation, Science Learning

Detail Informasi