
Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Menggunakan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SDN 003 Mentarang
Pengarang : Norhayani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa pada kelas II SDN 003 Mentarang dan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan metode jarimatika pada kelas II SDN 003 Mentarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 003 Mentarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 003 Mentarang, yaitu sebanyak 12 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes kemampuan berhitung perkalian. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklusnya. Penerapan metode jarimatika berikut langkah-langkah penggunaan metode jarimatika yaitu: 1) mengenalkan lambang-lambang metode jarimatika, 2) memperagakan lambang-lambang metode jarimatika, dan 3) mengimplementasikan jarimatika ke dalam contoh soal. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I dan siklus II, ada beberapa hal yang ditambahkan dalam pembelajaran menggunakan metode jarimatika agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik, yaitu: a.) Memperbanyak contoh soal beserta implementasinya. Berdasarkan hal tersebut, siswa akan lebih cepat memahami jarimatika dikarenakan dengan memberikan soal-soal tersebut, siswa akan terbiasa dalam menggunakan metode jarimatika. b.) Mengadakan asesmen formatif dengan memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengukur kemampuan berhitung perkalian siswa menggunakan metode jarimatika. c.) Mengadakan perlakuan khusus bagi siswa yang belum mampu menguasai jarimatika dengan mendatangi ke tempat duduk siswa untuk membimbing siswa tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa pada kelas II SDN 003 Mentarang. Hal ini dapat dibuktikan jumlah siswa yang memperoleh nilai tes kemampuan berhitung perkalian siswa dengan minimal kategori baik pada siklus I adalah 9 siswa atau 75%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai tes kemampuan berhitung perkalian siswa adalah 11 siswa atau 92%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II SDN 003 Mentarang.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung Siswa, Metode Jarimatika
This study aims to determine the application of the Jarimatika method in improving the multiplication skills of students in the second grade of SDN 003 Mentarang. It used a classroom action research design and was conducted at SDN 003 Mentarang. The subjects were second grade students of SDN 003 Mentarang, totaling 12 students. Data collection techniques included teacher observation sheets, student observation sheets, and multiplication skills tests. The study consisted of 2 cycles, each comprising 3 meetings. The application of the Jarimatika method included introducing the symbols, demonstrating them, and implementing Jarimatika into example problems. Based on the evaluation results of cycles I and II, several enhancements were made to ensure effective implementation: a.) Increasing the number of example problems. b.) Conducting formative assessments. c.) Providing special assistance to students who have not mastered Jarimatika. The results indicate that using the Jarimatika method can improve the multiplication skills of second grade students in SDN 003 Mentarang. This is evidenced by the number of students who obtained a minimum good category score on the multiplication skills test in cycle I, which was 9 students or 75%. There was an improvement in cycle II, with the number of students who obtained a score on the multiplication skills test being 11 students or 92%. Based on these findings, it can be concluded that the Jarimatika method can enhance the multiplication skills of second-grade students in SDN 003 Mentarang. Keywords: Student Multiplication Skills, Jarimatika Method