
Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menyimak Cerita Anak Kelas IV-B SDN 035 Tarakan
Pengarang : Desi Rante Bua - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menyimak cerita anak dengan menggunakan media Audio Visual. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah kelas IV-B yang berjumlah 27 siswa, 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan prosedur langkah-langkah siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar menyimak cerita anak kelas IV-B di SDN 035 Tarakan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan menyimak cerita anak pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I hasil menyimak cerita anak mencapai ketuntasan dengan persentase 74%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan menyimak cerita anak mencapai ketuntasan dengan persentase 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa indikator ketercapaian peneliti dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar menyimak cerita anak menggunakan media Audio Visual pada siswa kelas IV-B di SDN 035 Tarakan.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, Menyimak Cerita Anak
This study aims to improve listening achievement using audio-visual media at IV-B Class of State Elementary School 035 Tarakan. This research was Classroom Action Research (CAR/PTK), with the research subject being 27 students, 14 male students and 13 female students. The research was carried out in two cycles, each consisting of two meetings, with the cycle steps: Planning, Implementation, Observation, and Reflection. Based on the study's results, it can be revealed that using audio-visual media can improve listening achievement in the IV-B class on story material at SDN 035 Tarakan. In cycle I, the results of listening achievement toward story material reached completeness with s percentage of 74%. After improvements were made in cycle II, an increase in listening achievement toward story material reached completeness with a percentage of 81%. Thus, the research indicators can be said to be successful in improving listening achievement toward story material using audio-visual media at IV-B class of State Elementary School 035 Tarakan. Keywords: Audio Visual Media, Learning Achievement, Story Material