
Peran Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Dalam Meningkatkan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Teknologi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)
Pengarang : Arya Hidayat M. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaaan pada perusahaan sektor teknologi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2022. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 11 perusahaan sehingga mendapatkan 55 observasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, begitu juga ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan menunjukan profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Implikasi teoritis penelitian ini mendukung signaling theory dalam mempengaruhi nilai perusahaan
Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan
This research aims to determine the role of profitability, leverage, and company size on company value in technology sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the 2018-2022 period. The sample selection used a purposive sampling method which obtained 11 companies to gain 55 observations. The data analysis technique uses multiple linear regression with the SPSS program version 26. The results of the study explain that partial profitability does not affect company value, company size does not affect company value, whereas leverage has a positive and significant effect on company value. Simultaneously profitability, leverage, and company size have a significant effect on company value. The theoretical implications of this research are supportive of signaling theory in influencing company value. Keywords: Profitability, Leverage, Company Size, and Company Value