Eskplorasi Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 8 SMP Negeri 5 Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eskplorasi Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 8 SMP Negeri 5 Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Eskplorasi Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 8 SMP Negeri 5 Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Pengarang : Indah Luthfiyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Pemecahan masalah penting dimiliki oleh setiap siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Sebagian besar siswa terutama siswa kelas 8 mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang rendah. Eksplorasi terhadap proses pemecahan masalah matematika penting dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam proses pemecahan masalah yang dilakukan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengambil pendekatan studi kasus pada siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Tarakan. Peneliti mengumpulkan data dengan cara pemberian soal, observasi, analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemecahan masalah matematika siswa terdiri dari beberapa tema: pemahaman terhadap masalah matematika, strategi penyelesaian masalah matematika, dan verifikasi jawaban. Terdapat tema lain di luar tema proses pemecahan masalah matematika, yaitu perhatian selama berhadapan dengan masalah, persepsi terhadap masalah dan solusi yang diberikan siswa. Walaupun tema tersebut terkesan di luar proses pemecahan masalah, tema perhatian selama berhadapan dengan masalah, persepsi terhadap masalah dan solusi yang diberikan siswa sangat berkaitan dengan proses pemecahan masalah itu sendiri sesuai dengan yang diungkapkan oleh data.

Kata Kunci: Matematika, Pemecahan Masalah, Soal Cerita

Problem solving is important for every student in solving math problems. Most students especially at grade 8 student have difficulty in solving math problems. This indicates that students have low mathematical problem-solving skills. Exploration of the process of solving mathematical problem is important. The goal is to describe in depth the problem-solving process that students undertake. The research method used is qualitative research by taking a case study approach on grade 8 students of SMP Negeri 5 Tarakan. The researcher collected data by giving questions, observations, analyzing documents and interviews. The data analysis technique used the qualitative analysis model of Miles, Huberman, and Saldana (2014). The results showed that the process of solving student mathematical problem consisted of several themes namely understand of mathematical problems, strategies for solving mathematical problems, and verification of answer. There are other themes outside the theme of mathematical problem solving process, namely attention when dealing with problems, perceptions of problems and solutions given by students. In addition, the theme seems outside the problem-solving process, the theme of attention during dealing with problems, perceptions of problems and solutions given by students is closely related to the problem-solving process itself according to what is revealed by the data. Keywords: Math, Problem Solving, Story Problem

Detail Informasi