Pengaruh Teknik Behavioral Contract Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Behavioral Contract Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 13 Tarakan

Pengaruh Teknik Behavioral Contract Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 13 Tarakan

Pengarang : Nur Nilam Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pengaruh Teknik Behavioral Contract Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Tarakan. Kejenuhan belajar adalah suatu kondisi mental seseorang saat mengalami rasa bosan dan lelah yang amat sangat sehingga mengakibatkan timbulnya rasa enggan dan tidak bersemangat melakukan aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik behevioral contract terhadap kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 13 Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dengan sampel berjumlah 10 orang siswa kelas VIII. Alat ukur yang digunakan yaitu skala kejenuhan belajar (Muhibbin Syah, 2015) jenis skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan SPSS 22.0. Berdasarkan uji analisis diketahui bahwa nilai signifikan 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung 15,545 > t tabel 1.833 yang artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Behavioral Contract terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Tarakan.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kejenuhan Belajar, Teknik Behavioral Contract

Learning saturation is a mental state characterized by overwhelming boredom and fatigue, leading to reluctance and lack of enthusiasm for learning activities. This research aimed to determine the effect of the behavioral contract technique on the learning saturation of students at SMP Negeri 13 Tarakan. This research employed a quantitative approach with an experimental design, specifically a one-group pretest-posttest design. A random sampling technique was used to select a sample of 10 students from class VIII. The learning saturation scale (Muhibbin Syah, 2015) using a Likert scale served as the measurement instrument. Data analysis was conducted using a paired sample t-test with SPSS 22.0. The results indicated a significant value of 0.000 < 0.05, and the t-test value exceeded the t-table value (15.545 > 1.833), leading to the acceptance of the alternative hypothesis (Ha). Thus, it was concluded that group guidance using the behavioral contract technique had a significant effect on reducing learning saturation among class VIII students at SMP Negeri 13 Tarakan. Keywords: Group Guidance, Learning Saturation, Behavioral Contract Technique

Detail Informasi