
Pelaksanaan Etika Konseling Professional Responsibility Guru Bimbingan Dan Konseling Di SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Maria Yasinta Fina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Etika konseling mengacu pada aturan-aturan yang harus dimiliki seorang konselor dan hak-hak klien yang harus dilindungi oleh seorang konselor. Professional Responsibility adalah suatu konsep yang berkaitan dengan standar profesional dan kompetensi teknis yang dimiliki seorang pemberi layanan dalam menjalankan tugasnya dan selama proses konseling berlangsung konselor bertanggung jawab terhadap klien dan dirinya sendiri. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan etika konseling professional responsibility guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tarakan, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan pelaksanaan etika konseling professional responsibility berjalan dengan baik dan berfungsi secara efektif dimana guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 3 Tarakan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang guru bimbingan dan konseling yang profesional dan berkompeten sesuai pelaksanaan etika profesi bimbingan dan konseling dan tidak pernah melakukan tindakan yang melanggar etika dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa.
Kata Kunci: Pelaksanaan Etika Konseling, Professional Responsibility
Counselling ethics refers to the rules that a counsellor must have and the rights of clients that a counsellor must protect. Professional Responsibility relates to a service provider's professional standards and technical competence. The counsellor is responsible for the client and himself during the counselling process. The purpose of the study was to describe the implementation of professional responsibility counselling ethics of Guidance and Counselling teachers at SMA Negeri 3 Tarakan The data analysis technique used in this research was qualitative, and the data collection techniques used were interviews and documentation Research results showed that the implementation of professional Responsibility counselling ethics runs well. Its functions were practical where Guidance and Counselling teachers at SMA Negeri 3 Tarakan carry out their duties and responsibilities as professional and competent based on professional Guidance and Counselling ethics and never take actions that violate ethics in providing guidance and counselling services to students as their clients. Keywords: Implementation of Counselling Ethics, Professional Responsibility