
Deskripsi Minat Baca Pada Siswa Kelas IV-A Di SD Negeri 050 Tarakan
Pengarang : Jesica Celin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penguasaan keterampilan membaca dianggap sebagai prasyarat yang esensial bagi pelajar guna mengeksplorasi hingga memahami wawasan baru dan informasi terkini. Studi ini bertujuan menjelajahi aspek minat baca pada populasi siswa kelas IV-A di SD Negeri 050 Tarakan, dengan menggunakan pendekatan penelitian berbasis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui serangkaian metode, termasuk observasi, kuesioner, wawancara, dan analisis dokumen, dengan partisipasi 28 siswa yang dipilih 6 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3 siswi perempuan. Pengolahan data dilakukan menggunakan model analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Kajian ini menyelidiki korelasi antara minat membaca siswa dengan teori motivasi belajar Herzberg, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan kepuasan belajar. Ditemukan bahwa faktor-faktor tersebut dapat digolongkan sebagai faktor higiene, yang melibatkan kondisi fisik dan lingkungan belajar, serta interaksi sosial dengan guru dan teman sekelas. Disamping itu, faktor motivator juga turut berperan, yang melibatkan aspek seperti prestasi, pengakuan, tantangan, pertumbuhan pribadi, dan tanggung jawab. Temuan atas riset ini menunjukkan adanya kecenderungan rendahnya minat membaca di kalangan siswa, yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti keterbatasan akses terhadap bahan bacaan yang menarik, kurangnya dukungan dari lingkungan rumah, dan dinamika internal dalam proses membaca. Dalam konteks ini, peran guru sebagai fasilitator pembelajaran yang menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan sumber daya yang memadai menjadi sangat penting.
Kata Kunci: Minat Baca Siswa
profiency in reading is seen as a necessary precondition for students to investigate and comprehend novel ideas and current knowledge. using a qualitative research design, this study was to investigate reading interest among class IV-A students at SD Negeri 050 Tarakan. the study employed various teachniques to gather data, such as abservation, questionsnaries, interviews, and document analysis. A total of 28 students were chosen from a group of six, theree of whom were male and theree of whom were female. A data analysis model created by miles and huberman was used to process the data. in order to determine the variables that affeced learning motivation and satisfaction, this study examined the relationship between students, readinng interests and Herzberg's theory of learning motivation. it was discovered social interactions with classmates and teachers, as well as the physcial surroundings of classroom. In addtition, elements known as motivators-which included things like responsibility, growth, difficualties, accomplismenth, and recognitin-also came into play. The results of this study showed that students had a tendency to have poor interest in reading, which could be attributed to a variety of variables including internal reading process dynamis, a lack of support from the home environment, and restricted avilability to engaging reading contet. In this situations, the teacher's function as a learning facilitator who supplied sufficient resources and fosfered a helful environment took on great significance. Keywords: Students' Reading Interest