
The Effectiveness Of Quizizz Towards Students Vocabulary
Pengarang : Nurika - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan Quizizz terhadap kosakata siswa pada siswa kelas 8 di SMPN 2 Tarakan tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8 di SMPN 2 Tarakan yang berjumlah 356 orang. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk mengambil sampel. Dengan demikian, peneliti memilih dua kelompok dalam penelitian ini dan memilih mereka sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes kosakata sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik parametrik Independent Sample t-test melalui SPSS. Hasilnya, pertama, selisih rata-rata pre-test kedua kelompok adalah 5,55, sedangkan selisih rata-rata post-test kedua kelompok adalah 10,82. Kedua, hasil menunjukkan signifikansi uji-t < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil post-test kelompok eksperimen menunjukkan bahwa pencapaian siswa kelompok yang diberikan kosa kata melalui Quizizz lebih tinggi daripada pencapaian kelompok yang tidak diberikan kosa kata melalui Quizizz. Di samping itu, walaupun grup control tidak diberikan kosa kata melalui Quizizz, hasil post-test kelompok tersebut juga menunjukkan signifikansi dibandingkan hasil pre-test mereka. Untuk mengimplimentasikan pembelajaran yang bisa menarik, guru di SMP Negeri 2 Tarakan dan berbagai sekolah lain bisa menggunakan Quizizz sebagai media belajar untuk pembelajaran kosa kata.
Kata kunci: Quizizz, Penguasaan kosakata, Media Pembelajaran
This research aims to determine the effectiveness of Quizizz on student vocabulary for grade 8 students at SMPN 2 Tarakan for the 2023/2024 academic year. The population of this research was 8th-grade students at SMPN 2 Tarakan, totaling 356 people. The researcher applied purposive sampling techniques to select participants. Thus, the researcher decided on two groups for this study: the experimental and control groups. This study employed a vocabulary test as an instrument to collect data. The data were analyzed using the parametric statistical technique Independent Sample t-test via SPSS. The results demonstrated that the difference in the average pre-test between the two group was 5.55, while the average difference in the post-test between the two groups was 10.82. Second, the results illustrated the significance of the t-test < 0,05, meaning there is a significant difference in student learning achievement between the experimental and control groups. The post-test results of the experimental showed that the achievement of students who were given vocabulary through Quizizz was higher than those who were not given vocabulary through Quizizz. In addition, although the control group was not assigned vocabulary through Quizizz, the post-test results of this group also showed significance compared to their pre-test results. To implement engaging learning, teachers at SMP Negeri 2 Tarakan and various other schools can use Quizizz as a learning medium for vocabulary learning. Keywords: Quizizz, vocabulary learning, learning media