Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa Pendidikan Biologi Tahun Angkatan 2021 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa Pendidikan Biologi Tahun Angkatan 2021 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan

Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa Pendidikan Biologi Tahun Angkatan 2021 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan

Pengarang : Nova Melisa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi digital mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi sampel merupakan keseluruhan mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan angkatan 2021 yang berjumlah 58 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner (angket) pada 30 responden berdasarkan teknik Simple Random Sampling (SRS). Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital responden dalam delapan aspek yang meliputi: Functional skill and beyond, Creativity, Collaboration, Comunication, The ability to find and select information, Critical thinking and evaluation dan Cultural and social understanding, serta E-Safety, termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rentang nilai presentase 83,15% hingga 88,06%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi digital mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan berada pada kategori “Sangat Baik”


Kata Kunci : Kemampuan literasi digital, Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Borneo Tarakan

This study aimed to determine the digital literacy skills of Biology Education students at the Teacher Training and Education Faculty of Borneo Tarakan University. A quantitative research method with a descriptive approach was employed. The study population comprised all 58 Biology Education students from the class of 2021. Data collection involved distributing questionnaires to 30 respondents, selected using the Simple Random Sampling (SRS) technique. Descriptive statistics were used for data analysis. The findings revealed that the respondents’ digital literacy skills across eight aspects Funcional skills and beyond, Creativity, Collaboration, Communication, Ability to find and select information, Critical thinking and evaluation, Cultural and social understanding, and E-Safety were classified as “Very Good,” with percentage values ranging from 83.15% to 88.06% Consequently, it was concluded that the digital literacy skills of Biology Education students at the Faculty of Teacher Training and Education, Borneo Tarakan University, were in the “Very Good” category. Keywords: Digital Literacy Skills, Biology Education Students, Borneo Tarakan University

Detail Informasi