Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan

Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Hasmi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 11 Tarakan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitattif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa dari kelas VIII yang berjumlah 80 siswa, sampel ditentukan dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa berasal dari faktor internal sebesar 73.15% dengan kriteria tidak berpengaruh dan faktor eksternal sebesar 58.60% dengan kriteria cukup berpengaruh. Adapun persentase dari sub indikator faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa tertingggi dari faktor internal yaitu lebih mudah berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas saat ujian dengan kondisi kelas yang tenang sebesar 88.43% dengan kriteria tidak berpengaruh. Sedangkan persentase dari sub indikator faktor eksternal tertinggi yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia menyampaikan materi dengan metode yang bervariasi, seperti; metode berdiskusi dan berkelompok sebesar 67.5% dengan kriteria tidak berpengaruh.

Kata Kunci: Analisis, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Hasil Belajar.

This research aimed to analyze and describe the factors causing low student learning outcomes in class VIII Indonesian language subjects at SMP Negeri 11 Tarakan. This research used quantitative and qualitative research methods. The sample in this study was some students from class VIII, totaling 80 students, the sample was determined by using a purposive sampling technique. The research instruments used were observation, interviews, and questionnaires. The research results showed that the factors causing low student learning outcomes came from internal factors amounting to 73.15% with no influence criteria and external factors amounting to 58.60% with moderate influence criteria. The percentage of sub-indicators of factors that cause low student learning outcomes was the highest from internal factors, it was easier to concentrate on completing assignments during exams with conducive class conditions, amounting to 88.43% with the criteria having no effect. Meanwhile, the highest percentage of external factor sub-indicators was that Indonesian language subject teachers deliver material using various methods, such as, discussion and group methods amounted to 67.5% with the criteria of having no effect. Keywords: analysis, internal factors, external factors, learning outcomes.

Detail Informasi