
Survei Perilaku Prokrastinasi Akademik Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling
Pengarang : Lisa Dwi Lestari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah segala sesuatu yang dilakukan dalam menunda-nunda menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan akademik tanpa adanya alasan yang jelas sehingga tugas yang diberikan tudak dapat diselesaikan pada waktunya atau bahkan tidak dikerjakan. Seorang prokrastinator menghabiskan waktu yang dimilikinya untuk mempersiapkan diri secara berlebihan, mereka melakukan hal-hal yang tidak dibutuhkan dalam penyelesaian suatu tugas, tanpa memperhitungkan waktu yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku prokrastinasi akademik penyusunan skripsi pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif atau survei. Metode pengumpulan data dengan angket. Berdasarkan hasil penelitian dengan judul prokrastinasi akademik mahasiswa program studi bimbingan dan konseling pada angkatan 2017, 2018, dan 2019, maka terdapat pada kategori tinggi dengan persentase 32,5% yang berada pada interval 115-125, dikategorikan tinggi karena masih kesulitan dalam memenuhi deadline yang telah ditentukan. Hal tersebut dengan kategori yang sama, terdapat pada indikator penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas dengan persentase 43% pada kategori tinggi, dikategorikan tinggi karena mahasiswa tersebut banyak membuang waktunya dalam mempersiapkan hal-hal secara berlebihan dalam mengerjakan tugas akhir.
Kata Kunci: Perilaku, Prokrastinasi, Akademik, Mahasiswa
Academic Procrastination is everything that is done to delay completing academic- related tasks without any reason that the given task cannot be completed on time or even not done. A procrastinator spends the time they have to prepare themselves excessively, and they do things that are not needed in completing a task, without taking into account the time they have. This study aims to determine the academic procrastination behavior of thesis preparation in guidance and counseling study program students. This research was a descriptive quantitative or survey-data collection method with questionnaires. Based on the research results of Guidance and Counselling students in the 2017, 2018, and 2019 batches, it was in the high category with a percentage of 32.5%, which was in the interval 115-125, categorized as high because it was still difficult to meet the deadline that has been determined. This is in the same category, and there is an indicator of delay in starting and completing tasks with a percentage of 43% in the high category, categorized as high because these students waste much time preparing things excessively in doing the final project. Keywords: Behavior, Procrastination, Academic, Student