
Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Kartu Atm Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2021-2023 Universitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Aprilia Ningsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari Literasi Keuangan, Inklusi Kartu ATM terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2021-2023 Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Responden penelitian adalah mahasiswa Program Studi Manajemen tahun Angkatan 2021-2023 dengan jumlah responden 195 mahasiswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel proporsional stratified random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa (1) literasi keuangan memiliki nilai T hitung 1,177 < T tabel 1,653, hasil tersebut menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. (2) Inklusi Kartu ATM memiliki nilai nilai T hitung 2,980 > T tabel 1,653. Hasil tersebut menunjukkan bahwa inklusi kartu ATM berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Dan hasil uji signifikansi secara simultan (uji F) memiliki nilai F hitung 8.032 > F tabel 3,04 dan nilai sig .000 < 0,05. Hal ini mengartikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak atau variabel Literasi Keuangan dan Inklusi Kartu ATM secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif
Kata Kunci: Inklusi Kartu ATM, Literasi Keuangan, dan Perilaku Konsumtif
This research aims to analyze and determine the influence of Financial Literacy, and ATM Card Inclusion on the Consumptive Behavior of Management Department Students batch 2021-2023, Borneo Tarakan University. This research uses a quantitative type of research with a questionnaire as a data collection tool. The research respondents were students of the 2021-2023 Management Study Program with a total of 195 students taken using sampling techniques proportional stratified random sampling. The data analysis technique in this research uses the SPSS program. The partial test results (T-test) show that (1) financial literacy has a calculated T value of 1.177 < T table 1.653, these results indicate that financial literacy has no significant effect on consumer behavior. (2) ATM card inclusion has a calculated t value of 2.980 > T table 1.653. These results show that ATM card inclusion has a positive and significant effect on consumer behavior. The results of the simultaneous significance test (F-test) have a value of F count 8.032 > F table 3.04 and sig value .000 < 0.05. It means that Ha accepted and H0 rejected or the variables Financial Literacy and ATM Card Inclusion simultaneously have a positive and significant effect on Consumptive Behavior Keywords: Consumptive Behavior, Financial Literacy, and ATM Card Inclusion