
Analisis Kemampuan Literasi Digital Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2022
Pengarang : Rusmindar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Literasi digital merupakan upaya pemanfaatan teknologi untuk memahami, mengakses, merangkai dan berbagi informasi sebagai kompetensi dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis. Pelajar harus menguasai literasi digital agar tidak terpengaruh hoax dan tidak menyebarkan informasi yang belum jelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi digital mahasiswa pendidikan biologi dan mengetahui faktor-faktor yang dapat mendukung literasi digital mahasiswa pendidikan biologi dalam mengikuti proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa Pendidikan Biologi yang berjumlah 78 mahasiswa dengan menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh dari hasil kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan biologi memiliki kemampuan literasi digital pada setiap komponen penggunaan media digital (use skill) 53%, kemampuan berpikir kritis 66%, dan kemampuan komunikasi 59%. Mayoritas siswa memiliki keterampilan dasar dalam mengelola platform digital, namun masih perlu peningkatan terutama dalam mencari informasi dan menyesuaikan cara berkomunikasi, kemampuan menganalisis informasi dengan baik dan berkomunikasi secara efektif melalui media digital. Keterbatasan literasi digital dapat menyebabkan kesulitan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan siswa, meningkatkan risiko terpapar informasi yang salah, menghambat kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi, serta menghambat peluang kerja. Penelitian di masa depan perlu menggali lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi literasi media digital, penggunaan internet, dan mengkaji dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Literasi digital, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi
Digital literacy is an effort to utilize technology to understand, access, assemble and share information as a competency in developing reading and writing skills. Students have to master digital literacy in order not to be affected by hoaxes and not to spread information that is not yet clear. This study aims to analyze the digital literacy skills of biology education students and find out the factors that can support the digital literacy of biology education students in following the learning process. The research method used was quantitative with a descriptive approach. The research sample was Biology Education students totaling 78 students using total sampling technique. Data were obtained from the results of questionnaires and interviews. The results indicated that biology education students have digital literacy skills in each component of digital media use (use skills) 53%, critical thinking skills 66%, and communication skills 59%. The majority of students have basic skills in managing digital platforms, but still need improvement, especially in finding information and adjusting ways of communicating, the ability to analyze information properly and communicate effectively through digital media. Limited digital literacy can lead to difficulties in accessing the information students need, increase the risk of exposure to misinformation, inhibit the ability to communicate and collaborate, and hinder employment opportunities. Future research needs to dig deeper into the factors that influence digital media literacy, internet usage, and examine their impact on daily life. Keywords: Digital literacy, Students of Biology Education Department