
The Effect Of Padlet In Students' Descriptive Writing At Tenth Grade Of SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Norhasidah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi ada tidaknya pengaruh antara siswa yang diajar menggunakan aplikasi Padlet sebagai media dengan siswa yang diajarkan menggunakan media tradisional dalam kemampuan menulis siswa SMK Negeri 2 Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental method, bentuk desain yang dipilih dalam penelitian ini adalah nonequivalent control design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kelas sepuluh Teknik Body Otomotif (TBO) 1 sebagai kelas experimen dan kelas sepuluh Teknik Body Otomotif (TBO) 3 sebagai kelas kontrol yang di ambil menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan independent sample t-test untuk meneliti data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajar menggunakan aplikasi Padlet sebagai media dengan siswa yang diajarkan menggunakan media buku cetak dalam pengajaran kemampuan menulis siswa. Hasil uji hipotesis menentukan perbedaan rata rata bahwa faktor signifikan lebih kecil dari 0,05 dan uji t-test yang dihasilkan 0.000 lebih kecil dari 0.05 dengan N-gain score 0.3410 lebih besar dari 0.30. Data menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Ha mengklaim peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis siswa dengan menggunakan aplikasi Padlet sebagai media latihan keterampilan menulis siswa kelas sepuluh di SMK Negeri 2 Tarakan
Kata kunci: Aplikasi Padlet, Kemampuan Menulis, Media Pembelajaran
The purpose of this study was to find out whether students at SMK Negeri 2 Tarakan who received instruction through the Padlet application as a medium and those who received instruction through traditional media had different writing skill. Class Ten Automotive Body Engineering (TBO) 1 was the experimental class in this study, while class Ten Automotive Body Engineering (TBO) 3 was the control class that was selected through the use of the purposive sampling technique. The research methodology employed in this study was a quasi-experimental method, and the design form selected was non-equivalent control design. The data were examined by researcher using the independent sample t-test. The study's findings indicated that when it came to teaching students' writing skill, there was a noticeable difference between those who learned using the Padlet application as a medium and those who learned using traditional books. The hypothesis test findings showed that the significant factor was, on average, less than 0.05. This was supported by the t-test, which came out at 0.000 smaller than 0.05 and an N-gain score of 0.3410higher than 0.30. According to the data, Ho was rejected while Ha was accepted. Ha claimed a significant increase in students' writing skill through the Padlet application as a medium for practicing writing skill for tenth grade students at SMK Negeri 2 Tarakan. Keywords: Padlet Application, Writing Skill, Learning Media