Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis PowerPoint Interaktif Pada Kelas IV SDN 013 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis PowerPoint Interaktif Pada Kelas IV SDN 013 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis PowerPoint Interaktif Pada Kelas IV SDN 013 Tarakan

Pengarang : Indri Sekar Putri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PPKn berbasis PowerPoint interaktif pada kelas IV SDN 013 Tarakan. Serta untuk mengetahui bagaimana kelayakan yang diperoleh dari hasil validasi ahli media, ahli bahasa, dan ahli praktisi, untuk mengetahui ketertarikan diambil dari angket respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar wawancara, lembar validasi, angket respon siswa, dan dokumentasi. Hasil validasi yang diperoleh pada validasi ahli media yaitu 95%, ahli bahasa diperoleh persentase 88% dari persentase tersebut dikategorikan sangat layak. Sedangkan validasi ahli praktisi diperoleh sebesar 85% dari persentase tersebut dikategorikan sangat layak. Serta uji coba terbatas memperoleh persentase sebesar 91,6% dan untuk uji coba lapangan diperoleh persentase sebesar 93, 6% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil persentase dari validasi dan angket respon siswa pada uji coba terbatas dan uji lapangan, maka media pembelajaran PPKn PowerPoint interaktif pada kelas pada IV SDN 013 Tarakan dinyatakan sangat layak dan manarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, PPKn Berbasis PowerPoint Interaktif, Model ADDIE

This study aims 1) to develop interactive PowerPoint-based Civics learning media in class IV SDN 013 Tarakan, and 2) to find out how feasibility is obtained from the validation results of media experts, linguists, and prsctitioners. The type of research was Research and Development (R&D), which used the ADDIE model, which consistsof five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection instruments were observation, interview sheets, validation sheets, student response questionnaires, and documentation. The validation results obtained in the media expert validation were 95%, and linguists obtained 88% of the percentage categorized as very feasible. While the practitioner expert validation was obtained, 85% of the percentage is categorized as very feasible. Limited trials obtained a percentage of 91.6%, and field trials obtained a percentage of 93.6%, which is a beautiful category. Based on the percentage results from validation and student response questionnaires in limited trails and field tests, the interactive PowerPoint for PPKn Subject as a learning media in class IV SDN 013 Tarakan was declared feasible and attractive for use in the learning process. Keywords: Development, Interactive PowerPoint-Based Civics, ADDIE Model

Detail Informasi