Enhancing Students' Vocabulary Mastery Through Pictorial Media At SMP Negeri 6 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Enhancing Students' Vocabulary Mastery Through Pictorial Media At SMP Negeri 6 Tarakan

Enhancing Students' Vocabulary Mastery Through Pictorial Media At SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Novilda - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis media yang digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris dan (2) respon siswa terhadap media yang digunakan guru dalam pengajaran penguasaan kosakata bahasa Inggris. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tarakan pada bulan Agustus September 2023. Informan penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 32 orang Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi dan tes. Temuan penelitian int menunjukkan bahwa jenis media yang digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris meliputi papan tulis, buku bahasa Inggris dan media bergambar. Beberapa siswa mempunyai respon yang positif terhadap media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Siswa berpendapat bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran bahasa Inggris efektif dalam memperlancar proses pembelajaran, menunjang proses belajar mengajar, membuat siswa lebih percaya diri dalam helajar, membuat siswa merasa senang dan tertarik belajar, serta memotivasi siswa untuk belajar. Selain tanggapan positif, ada pula tanggapan negatif terhadap media yang digunakan siswa. Persepsi tersebut adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran, media belum mampu meningkatkan empat keterampilan berbahasa siswa, dan guru kurang terlibat aktif dalam menjelaskan materi. Temuan ini dapat dijadikan bahan evaluasi bagi guru dan pendidik lainnya.

Kata Kunci: Media Gambar, Kosakata

This research aims to determine (1) the type of media involved in teaching English and (2) students' responses to the media implemented by teachers in teaching English vocabulary mastery. The research data was obtained using the classroom action research method which was carried out at SMP Negeri 6 Tarakan in August - September 2023. The informants for this research were 32 class VIII-A students. The research data was collected by observation and tests. The findings of this research indicated that the types of media used in teaching English include blackboards, English books, and pictorial media. Several students had a positive response to the media used in the learning process. Students thought that the use of media in the English learning process is effective in facilitating the learning process, supporting the teaching and learning process, making students more confident in learning, making students feel happy and interested in learning, and motivating students to learn However, students are less active in learning, the media has not been able to improve student's four language skills, and teachers are less actively engaged in explaining the material. These findings can be used as material or media valuation for teachers and other educators. Keywords: Pictorial Media, Vocabulary

Detail Informasi