
The Effect Of Role Play Towards Students' Speaking Achievement At Eight Grade Of Junior High School 12 Tarakan
Pengarang : Dicky Wahyudi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan Role Play dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII di SMP 12 Tarakan pada tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana nilai rata-rata kelas terendah menjadi kelompok eksperimen dan nilai rata-rata kelas tertinggi menjadi grup control masing-masing jumlah sample sebanyak 32 siswa. Dalam pengumpulan data penelitian, penelitian ini menggunakan tes lisan yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan posttest. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t Independent Sample melalui perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grup eksperimen dan control sama-sama meningkat secara slightly meningkat, tetapi terdapat perbedaan signifikan dalam mean skor berbicara antara kelompok eksperimen dan kelompok control sebesar 0.033. Perbedaan mean skor pre-test dan post-test kedua kelompok menunjukkan peningkatan yang lebih besar pada kelompok eksperimen sebesar 0.036. Temuan ini menyarankan bahwa penggunaan Role Play dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Sebagai rekomendasi, guru di SMP 12 Tarakan dan sekolah lainnya dapat mempertimbangkan penggunaan Role Play sebagai metode pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Kata kunci: Role Play, pencapaian prestasi berbicara
This study aims to evaluate the impact of Role Play on enhancing speaking proficiency among eighth-grade students at SMP 12 Tarakan in the academic year 2023/2024. Sampling was conducted using the purposive sampling technique, where the lowest average class scores constituted the experimental group and the highest mean scores formed the control group, each comprising 32 students. Data collection involved oral tests administered twice, namely pre-test and post-test. Data analysis utilised an Independent Sample t-test through SPSS software. The results indicate that both experimental and control groups experienced slight improvements, yet a significant difference in speaking score means between the experimental and control groups was observed at 0.033. The disparity between pre- test and post-test mean scores in both groups demonstrated a more significant enhancement in the experimental group at 0.036. These findings suggest that Role Play usage can enhance students' speaking abilities. As a recommendation, teachers at SMP 12 Tarakan and other schools may consider integrating Role Play as an engaging instructional method to improve students' speaking proficiency. Keywords: Role Play, Speaking Achievement