Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII Di MAN Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII Di MAN Tarakan

Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII Di MAN Tarakan

Pengarang : Erma - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XII di MAN Tarakan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Kuantitaif dengan metode ex post facto. Penelitian ini dilakukan di MAN Tarakan dengan Populasi sebanyak 207 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel purposive sampling sehingga didapat jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 136 responden. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan instrumen skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis uji F. Hasil penelitian menunjukkan reward dan punishment dalam pembelajaran matematika berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi berganda Y ̂ = 62.782 + 0.379X1 – 0.022X2. Sedangkan pada hasil pengujian hipotesis uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (16,749 > 3,064). Dengan signifikasi sebesar (0,000 < 0,05), Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XII di MAN Tarakan.

Kata Kunci: Reward, Punishment, Motivasi Belajar, Matematika

This research aims to find out the influence of reward and punishment on the mathematics learning motivation of class XII students at MAN Tarakan. This research is included in the Quantitative type of research with ex post facto methods. This research was conducted at MAN Tarakan with a population of 207 students. The sampling technique using purposive sampling with the number of samples in this study was 136 respondents. The data collection method used in this research is a questionnaire with a likert scale instrument. The data analysis technique uses multiple regression analysis and F-test hypothesis testing. The research results show reward and punishment in mathematics learning have a positive effect on students' learning motivation. This can be seen from the multiple regression equation Y = 62.782 + 0.379X1 - 0.022X2. Meanwhile, in the results of the F test hypothesis testing, F was obtained Fcount > Ftable (16,749 > 3,064). With a significance of (0.000 < 0.05), it can be concluded that there is an influence of reward an punishment on the mathematics learning motivation of class XII students at MAN Tarakan. Keywords: Reward, Punishment, Learning Motivation, Mathematics

Detail Informasi