Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Nur Millah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Model pembelajaran Learning Cycle 5E adalah suatu model pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa memahami dan mengingat konsep-konsep ilmiah secara lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap pemahaman konsep IPA pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Tarakan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposives sampling dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda pemahamn konsep dan lembar keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Berdasarkan Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA pada siswa kelas VIII MTs Negeri Tarakan

The purpose of the Learning Cycle 5E learning paradigm is to improve students’ comprehension and memorization of scientific subjects. The purpose of this study was to ascertain how the 5E Learning Cycle Model implementation affected class VIII MTs Negeri Tarakan students’ understanding of science ideas. A quasi experiment with a non-equivalent control group design was the study methodology employed. All MTs Negeri Tarakan class VIII students made up the study’s population. Purposive sampling was the method employed, with samples taken from class VIII B (the experimental class) and class VIII C (the control class). A learning model syntax implementation sheed and multiple-choice questions on concept understanding made up the test instrument. A significant value of 0.000 < 0.05 was indicated by the independent sample t-test result of the hypothesis testing. This demonstrated how the Learning Cycle 5E model’s implementation affected class VIII MTs Negeri Tarakan students’ comprehension of science ideas.

Detail Informasi