Pengembangan Pedoman Praktikum Materi Bioteknologi SMA/MA Berdasarkanpemanfaatan Buah Cempedak (Artocarpus Integer) Dan Terap (Artocarpus Odoratissimus) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Pedoman Praktikum Materi Bioteknologi SMA/MA Berdasarkanpemanfaatan Buah Cempedak (Artocarpus Integer) Dan Terap  (Artocarpus Odoratissimus)

Pengembangan Pedoman Praktikum Materi Bioteknologi SMA/MA Berdasarkanpemanfaatan Buah Cempedak (Artocarpus Integer) Dan Terap (Artocarpus Odoratissimus)

Pengarang : Fauziyah Fajriaty - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Potensi lokal setiap daerah berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber belajar. Sumber belajar yang berbasis potensi lokal dapat memudahkan peserta didik untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya. Potensi lokal daerah Kalimantan Utara yang dapat diintegrasikan kedalam pembelajaran yaitu buah Cempedak (Artocarpus Integer) dan Terap (Artocarpus Odoratissimus). Buah cempedak dan terap dapat diolah menjadi yoghurt yang kemudian tahap pembuatannya disajikan kedalam pedoman praktikum. Penelitian Pengembangan pedoman praktikum ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap Pedoman Praktikum Materi Bioteknologi SMA/MA Berdasarkan Pemanfaatan Buah Cempedak (Artocarpus Integer) dan Terap (Artocarpus Odoratissimus). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Namun, penelitian ini dibatasi dan hanya sampai pada tahap Development. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 2 Tarakan Kelas XII MIPA 2 yang berjumlah 36 orang dan guru sebagai praktisi. Kelayakan Pedoman Praktikum dinilai berdasarkan hasil validasi media dan materi. Pada validator ahli media diperoleh nilai 85% dengan kriteria “Layak”. Pada validator ahli materi diperoleh nilai 95,38% dengan kriteria “Sangat Layak”. Praktisi guru diperoleh nilai 100% dengan kriteria “Sangat Layak”. Respon peserta didik diperoleh dari rata-rata penilaian respon peserta didik dalam uji skala besar dengan presentase 92% masuk dalam kriteria “Sangat Menarik”. Dapat disimpulkan bahwa Pedoman Praktikum materi bioteknologi berdasarkan pemanfaatan buah cempedak dan terap layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Kata kunci: Bioteknologi, Cempedak, Terap, Pedoman Praktikum

The local potential of each region has the potential to be used as a learning resource. Learning resources based on local potential can make it easier for students to increase their understanding and knowledge. The local potential of the North Kalimantan region that can be integrated into learning is the Cempedak (Artocarpus Integer) and Terap (Artocarpus Odoratissimus) fruits. Cempedak and Terap fruits can be processed into yogurt, and then the manufacturing stages are presented in the practical guide. This research on the development of this practical guide aimed at determining the feasibility and response of students to the Practical Guide for High School/MA Biotechnology Material Based on the Use of Cempedak (Artocarpus Integer) and Terap (Artocarpus Odoratissimus) Fruit. This research used the 4D development model (Define, Design, Development, Disseminate). However, this research was limited and only reached the Development stage. The test subjects in this research were 36 students of SMA Negeri 2 Tarakan Class XII MIPA 2 and teachers as practitioners. The feasibility of the Practicum Guidelines was assessed based on the results of media and material validation. The media expert validator obtained a score of 85% with the "Decent" criteria. The material expert validator obtained a score of 95.38% with the criteria "Very Eligible." Teacher practitioners received a score of 100% with the criteria "Very Eligible." The student responses were obtained from the average assessment in large-scale tests, with a percentage of 92% falling within the "Very Interesting" criterion. It can be concluded that the Practical Guide for Biotechnology material based on the use of Cempedak and Terap is suitable for learning. Keywords: Biotechnology, Cempedak, Terap, Practical Guidelines

Detail Informasi