Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Ditinjau Dari Model Context Input Process Product (CIPP) Di SMA Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Ditinjau Dari Model Context Input Process Product (CIPP) Di SMA Negeri 1 Tarakan

Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Ditinjau Dari Model Context Input Process Product (CIPP) Di SMA Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Andikha Rachmadhan Pratama - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan klasikal ditinjau dari model context input process product (CIPP) di SMA Negeri 1 Tarakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang pelaksanaan layanan bimbingan klasikal ditinjau dari model context input process product (CIPP) di SMA Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan informan dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang guru BK. Teknik yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, sedangkan alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan klasikal ditinjau dari model context input process product (CIPP) di SMA Negeri 1 Tarakan sesuai dengan sumber data yang di dapatkan. Triangulasi sumber dilakukan meliputi konteks, input, proses dan produk dalam layanan bimbingan klasikal. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa layanan bimbingan klasikal di SMA Negeri 1 Tarakan memiliki tujuan atau context seperti, meningkatkan kompetensi siswa berdasarkan 4 bidang BK. Adapun input atau persiapan yang dilakukan guru BK yaitu perencanaan layanan meliputi AKPD, RPL Media, Metode/Teknik. Pada tahap pelaksaan atau process meliputi tahap awal, kegiatan inti, dan penutup. Pada tahap hasil atau product guru BK akan melakukan evaluasi atau follow up terhadap layanan yang telah dilakukan.

Kata Kunci: Layanan Bimbingan Klasikal, Model CIPP

This research discuss implementing classical guidance services in terms of the context input process product (CIPP) model at SMA Negeri 1 Tarakan. The issue in this research was how to implement classical guidance services in terms of the context input process product (CIPP) model at SMA Negeri 1 Tarakan. The Research aimed to obtain information and clarity regarding implementing classical guidance services regarding the context input process product (CIPP) model at SMA Negeri 1 Tarakan. The research applied a descriptive qualitative approach and the informants in this research consisted of 1 guidance and counceling teacher. The technique was direct communication, while the data collection tools in this research employed observation, interviews, and documentation. Following the data sources, the analysis described implementing classical guidance services using the context input process product (CIPP) model at SMA Negeri 1 Tarakan. Source triangulation includes context, input process and product in classical guidance services. The research results discovered that the classical guidance service at SMA Negeri 1 Tarakan has a goal or context such as increasing student competency based on four areas of guidance and counselling. The BK teacher's input or preparation is service planning, which includes AKPD, RPL, Media, and Methods/Techniques. The implementation or process stage consists of the initial stage, core activities, and closing. At the results or product stage, the guidance counselling teacher will evaluate or follow up on the services that have been provided. Keywords: Classical Tutoring Services, CIPP Model

Detail Informasi