
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Baju Batik Kalimantan Utara (Studi Kasus Pada Masyarakat Malinau)
Pengarang : Uri Refta Lawsepgia Lawai - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada usaha baju batik Kalimantan Utara (studi kasus pada masyarakat Malinau). Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yaitu penyebaran kuesioner. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yang tepat menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah membeli batik di Busak Uwe dengan sampel sebanyak 97 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS V. 26. Hasil penelitian ini bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada usaha baju batik Kalimantan Utara.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan
This research aims to determine and analyze the influence of service quality and product quality on customer satisfaction of batik clothing businesses in North Kalimantan (case study in the Malinau community). The research uses a quantitative approach with a survey method of distributing questionnaires. The sampling method in this research is by using non-probability sampling with purposive sampling techniques. The population in this study were people who had bought batik at Busak Uwe with a sample of 97 respondents. The analytical method used in this research is multiple linear regression analysis with the SPSS program Version 26. The results of this research show that the variables of service quality and product quality have a positive and significant effect on customer satisfaction of batik clothing businesses in North Kalimantan. Keywords: Service Quality, Product Quality, and Customer Satisfaction