
Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif Dengan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 13 Tarakan
Pengarang : Nurlinda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Keterampillan metakognitif merupakan pengetahuan tentang pembelajaran Berpikir dan kemampuan metakognitif. Metakognitif terbagi menjadi 3 yaitu perencanaan, pemantauan, dan mengevaluasi. Yang bertujuan menggembangkan sejumlah kemampuan fisik dan mental sebagai dasar untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedua hubungan antara keterampilan metakognitif dengan keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan yaitu korelasional dimana korelasional merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengukur hubungan antara variabel X dan Y yaitu keterampilan metognitif dengan keterampilan proses sains. Teknik sampling yang digunakan yaitu perposive sampling dimana tujuan khusus dari pengambilan sampel ini yaitu mengambil siswa yang telah mempelajari topik interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya, Sebanyak 31 siswa kelas VII-1. Instrumen yang digunakan merupakan tes berupa soal uraian untuk mengukur keterampilan metakognitif dengan keterampilan proses sains. Analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment yang didahului uji prasyarat berupa uji normalitas, uji lineritas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan metakognitif dengan keterampilan proses sains siswa dengan nilai korelasi 0,449 (katagori cukup) yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan positif dan singnifikan.
Kata Kunci : Korelasi Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Proses, Biologi
Metacognitive skills are the ability to think and the knowledge of how to thank Three categories comprise metacognition planning, monitoring, and evaluation. It seeks to build a variety of cognitive and motor skills as a foundation for education The purpose of this study was to examine the correlation between since process skills and metacognitive skills The study design was comiational, which was a method for determining how variables X and Y cognitive skills and wientific process skills correlate to one another Purposive sampling was the technique employed, with the specific objective of this sampling heing to take 31 mudents from class VII-1 who had studied the theme of interactions betwon living thing and their surroundings. The instrumented to measure metacognitive skills with science process skills was an essay-style test. Prior to ng the product moonl correlation analysis data analysis, normality, linearity, and homogeneity tests were performed as prerequisites. The study's findings indicated that students' wience process skills and metacognitive skills were correlated with a correlation value of 0 449 (sufficient category), indicating a strong and positive action between the two variables Keywords Correlation of Metacognitive Skills Process Skills, Builogy