Deskripsi Gerakan Literasi Sekolah Pada Tahap Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas III-A Di SDN 007 Mamburungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Gerakan Literasi Sekolah Pada Tahap Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas III-A Di SDN 007 Mamburungan

Deskripsi Gerakan Literasi Sekolah Pada Tahap Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas III-A Di SDN 007 Mamburungan

Pengarang : Risdayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan dalam menumbuhkan minat baca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SDN 007 Mamburungan. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, dan informan pada penelitian ini meliputi wali kelas III-A, kepala sekolah, pustakawan, dan bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan model miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan telah diterapkan di kelas III-A dengan cukup baik. Penerapan gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan terlihat pada kegiatan membaca lima belas menit setiap hari sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca siswa serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan siswa bertambah. Bahan bacaan yang disedikan juga telah di sesuaikan dengan tingkat pemahaman, kemampuan dan minat siswa, dalam kegiatan ini juga guru kelas berperan aktif dalam mendampingi siswa. kemudian, sarana dan prasana literasi tertata dengan baik. Lingkungan sekolah juga kaya akan literasi, dan adanya lingkungan yang kaya akan teks baik di dalam maupun di luar kelas. Hal ini memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca. Selain itu adanya pelibatan publik, contohnya kerja sama antar orang tua siswa dalam penyumbangan buku bacaan untuk di pojok baca kelas.

Kata Kunci: Literasi Sekolah, Pembiasaan, Minat Baca

This research aimed to describe the school literacy program at the habituation stage in fostering students' reading interest. This type of qualitative descriptive research was carried out at SDN 007 Mambirdan. This research applied primary and secondary data sources and informants, including class III-A homeroom teachers, school principals, librarians, and curriculum fields. The data collection techniques were interviews, observation and documentation. Furthermore, the data analysis technique used the Miles and Huberman model, including data collection, reduction, presentation, and conclusion. The research results described that the school literacy program at the habituation stage has been implemented quite well in class III-A. The implementation of the school literacy program at the habituation stage can be seen in fifteen minutes of reading every day before learning begins. This activity aims to foster students' interest in reading and improve reading skills so that students' knowledge increases. The reading materials have also been adjusted to the student's understanding, abilities and interest levels. In this activity, the class teacher also actively accompanies the students. Then, literacy facilities and infrastructure are well organized. The school environment is also rich in literacy, and there is a text-rich environment inside and outside the classroom. This motivates students to read. Apart from that, there is public involvement, such as cooperation among parents of students in donating reading books to the class reading corner. Keywords: School Literacy, Habituation, Reading Interest

Detail Informasi