Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Tarakan

Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Devy Ardilla - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Tarakan. Keterampilan Komunikasi interpersonal merupakan proses kegiatan manusia yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling bertukar informasi, pengetahuan, pikiran agar dapat menggugah partisipasi satu sama lain. Ciri-ciri siswa yang memiliki komunikasi interpersonal yang efektif adalah memiliki keterbukaan (openess), yaitu kemauan menanggapi dengan senang hati informasi yang diterima di dalam menghadapi hubungan interpersonal, dapat berempaty (empathy), yaitu merasakan apa yang dirasakan orang lain, dukungan (supportiveness), yaitu situasi yang terbuka untuk mendukung komunikasi berlangsung efektif, memiliki rasa positif (positiveness), seseorang harus memiliki perasaan positif terhadap dirinya, mendorong orang lain lebih aktif berpartisipasi, dan menciptakan situasi komunikasi kondisif untuk interaksi yang efektif, merasa setara dengan orang lain (equality), yaitu pengakuan secara diam-diam kedua belah pihak menghargai, berguna, dan mempunyai sesuatu yang penting untuk disumbangkan. Metode penelititian adalah kuantitatif, dnegan pendekatan eksperimen, adapun teknik pengumpulan data, adalah skala dan dokumentasi, Dan teknik analisis data adalah analisis statistik deskriftif dan analisis inferensial dengan menggunakan t-test. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh teknik sosiodrama terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Negeri 4 Tarakan. Keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Negeri 4 Tarakan, sebelum diberikan perlakuan berupa latihan sosiodrama atau berdasarkan hasil pretest berada dalam kategori sedang dan setelah diberi perlakuan berupa latihan sosiodrama atau berdasarkan hasil posttest keterampilan komunikasi interpersonal siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tinggi. Jadi, dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 22 for windows melalui paired sample t-test diperoleh nilai t-test 15,368 dengan df =24. Harga t tabel pada t 0,05 = 2,06 dengan nilai signifikan (P) = 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi ”tidak ada pengaruh penerapan sosiodrama terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Negeri 4 Tarakan” dinyatakan ditolak.

Kata Kunci: Teknik Sosiodrama, Keterampilan, Komunikasi, Interpersonal

The Influence of Sociodrama Techniques on the Interpersonal Communication Skills of Class X Students at SMA Negeri 4 Tarakan. Interpersonal communication skills are a process of human activity consisting of two or more people exchanging information, knowledge, and thoughts to inspire each other's participation. The characteristics of students who have effective interpersonal communication are openness and the willingness to respond happily to information received in dealing with interpersonal relationships. Being able to empathize with what other people feel, support (supportiveness) as the open situation to support effective communication, have a positive feeling (positiveness) because a person must have positive feelings towards himself, encourage other people to participate more actively and create a communication situation that is conditional for effective interaction, feeling equal to other people (equality) as a tacit acknowledgment that both parties appreciate, are helpful, and have something important to contribute. The research method was quantitative, with an experimental approach; the data collection techniques were scale and documentation, and the data analysis techniques were descriptive statistical analysis and inferential analysis using the ttest. Based on data analysis and discussion of research results, sociodrama techniques influenced the interpersonal communication skills of class X students at SMA Negeri 4 Tarakan. The interpersonal communication skills of the class from the calculation results using SPSS 22 for Windows via paired sample t-test, the ttest value was 15.368 with df = 24. The t table value at t 0.05 2.06 with a significant value (P) = 0.000 < a = 0.05. This means the null hypothesis (Ho), which stated "there is no influence of the application of sociodrama on the interpersonal communication skills of class X students at SMA Negeri 4 Tarakan," is rejected. Keywords: Sociodrama Techniques, Skills, Communication, Interpersonal

Detail Informasi