
Pengembangan Media Pembelajaran Papan Perkalian Pintar Matematika Untuk Siswa Kelas II B SDN 034 Tarakan
Pengarang : Aprilianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran media papan perkalian dan mengetahui kelayakan yang ditinjau dari ahli validasi dan tingkat kelayakan yang ditinjau respon kemenarikan siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada pembelajaran matematika materi perkalian kelas II B SDN 034 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan produk dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penggunaan model penelitian tersebut bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, lembar validasi, dokumentasi, lembar angket respon kemenarikan siswa. Produk media papan perkalian yang dikembangkan berbentuk persegi panjang yang terdiri dari dua warna yaitu biru dan kuning dengan tambahan hiasan berbentuk pohon dan dilengkapi dengan wadah gelas, kantong angka dan stik es krim yang digunakan sebagai alat menghitung. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 94%, ahli materi 96% dan ahli praktisi 92%. Hasil angket respon kemenarikan siswa pada uji coba terbatas sebesar 91% dan hasil uji coba lapangan sebesar 96,7%. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi menujukkan bahwa media papan perkalian sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket respon kemenarikan siswa mengenai media pembelajaran pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media yang ditinjau oleh respon siswa mengenai media papan perkalian sangat tertarik.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Papan Perkalian, Model ADDIE
This research aims to develop learning media for multiplication board media anddetermine its feasibility as reviewed by validation experts and the level of feasibilityas reviewed by students' attractive responses to the learning media developed inmathematics learning multiplication material for class II B SDN 034 Tarakan. Thistype of research was research and development(R&D),which aimed to produceproducts using the research and development model used in this research,theADDIE(Analysis,Design,Development,Implementation,Evaluation)model.Theaim of using this research model was to produce viable learning media productsThe data collection instruments were observation,interviews,validation sheets,documentation,and student interest response questionnaires.The multiplicationboard media product developed was rectangular,consisting of two colors,blue andyellow,with additional tree-shaped decorations.It had a glass container,numberbag,and ice cream sticks used as counting tools. The validation results obtainedfrom media experts were 94%,material experts 96%,and practitioner experts 92%.The student attractiveness response questionnaire results in the limited trial were91%, and the field trial results were 96.7%. The validation results of media, material, and practitioner experts showed that the multiplication board media was very suitable for learning. The students' interest questionnaire results regarding learning media in limited and field trials illustrated that the appropriateness of the media, as assessed by student responses regarding the multiplication board media, was exciting. Keywords: Development, Multiplication Board Media, ADDIE Model