Pengaruh Kemudahan Pengunaan, Harga, Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Niat Beli Menggunakan Facebook | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kemudahan Pengunaan, Harga, Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Niat Beli Menggunakan Facebook

Pengaruh Kemudahan Pengunaan, Harga, Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Niat Beli Menggunakan Facebook

Pengarang : Tiara Natasya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemudahaan penggunaan, harga, kepercayaan, kualitas informasi terhadap niat beli menggunakan facebook. Penelitian ini dilakukan di Kota Tarakan. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM). Responden penelitian ini adalah masyarakat umum yang berada di Kota Tarakan yang telah melakukan transaksi pembelian di facebook. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan nonprobability sampling. Uji valditas mengunakan convergent validity dan discriminant validity dan uji reliabilita menggunakan composite reliability. Berdasarkan analisis Partial Least Square (3.0), Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahaan penggunaan berpengaruh positif terhadap niat beli, variabel harga berpengaruh positif terhadap niat beli, variabel kepercayaa berpengaruh positif terhadap niat beli, kualitas informassi berpengaruh positif terhadap niat beli, variabel kemudahaan penggunaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap niat beli dan sikap berpengaruh positif terhadap niat beli. Sebagian konsumen melakukan transaksi pembelian di facebook dengan melihat reputasi, penilaian, dan ulasan yang diberikan konsumen.

Kata kunci : Kemudahaan Penggunaan, Harga, Kepercayaan, Kualitas Informasi, Sikap, Niat Beli

This research examined the influence of user-friendliness, price, trust, and infromatio quality on Facebook’s purchasse intent. The study was conducted in Tarakan. The theoretical approach employed in this research is the Technology Acceptance Model (TAM). The respondent were members of the general public in Tarakan who had engaged in purchasing transactions on Facebook. The research utilized a survey method with nonprobability sampling. Validity was assessed using convergent nd discriminant validity, while realiability was tested using composite reliability. The Partial Least Square (PLS 3.0) analysis results indicate that user-friendliness, price, trust, and information quality positively influence purchase intent. Attitude also demonstrates a positive influence on purchase intent. Some consumers make purchase transactions on Facebook by considering the reputation, evalutions, and reviews other consumers provide. Keywords: User-Friendliness, Price, Trust, Information Quality, Attitude, Purchase Intent

Detail Informasi