Niat Fresh Graduate Dalam Berwirausaha Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Niat Fresh Graduate Dalam Berwirausaha Di Kota Tarakan

Niat Fresh Graduate Dalam Berwirausaha Di Kota Tarakan

Pengarang : Muliati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan keluarga, sikap, keinginan yang dirasakan, kelayakan yang dirasakan, kebutuhan berprestasi, dan niat berwirausaha fresh graduate yang berasal dari perguruan tinggi di Kota Tarakan. Dengan menggunakan pendekatan teori gabungan yakni Theory Of Planned Behavior dan Theory Shapero Entrepreneurial Event Model. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 420 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) yang di operasionalkan menggunakan software SPSS versi 25 dan LISREL versi 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan keluarga dan kebutuhan berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap fresh graduate dalam berwirausaha. Demikian juga dengan variabel sikap, keinginan yang dirasakan dan kelayakan yang dirasakan, serta kebutuhan berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Sementara dukungan keluarga tidak memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap niat fresh graduate dalam berwirausaha.


Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Sikap, Keinginan Yang Dirasakan, Kelayakan Yang Dirasakan, Kebutuhan Berprestasi, dan Niat Berwirausaha

This study examines the influence of family support, attitudes, perceived desirability, perceived feasibility, achievement needs, and entrepreneurial intentions of fresh graduates by using a combined theoretical approach, namely the Theory of Planned Behaviour and the Theory of the Shapero Entrepreneurial Event Model. The sampling method used nonprobability sampling, namely purposive sampling. The number of samples used was 420 respondents. Data collection was done by distributing questionnaires. The analysis technique used SEM (Structural Equation Modeling), which was operationalized using SPSS software version 25 and LISREL version 8.80. The results of this study revealed that family support and achievement needs had a positive and significant effect on the attitude of fresh graduates in entrepreneurship. Likewise, attitude variables, perceived desirability, feasibility, and achievement needs positively and significantly affected entrepreneurial intentions. At the same time, family support did not have a positive and insignificant effect on the intention of fresh graduates in entrepreneurship. Keywords: Keywords: Family Support, Attitude, Intention, Perceived Feasibility, Need for Achievement and Entrepreneurial Intentions

Detail Informasi