
Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Keinginan Yang Dirasakan Terhadap Niat Berwirausaha
Pengarang : Yuniar Riska Indarwati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan kewirausahaan, efikasi
diri dan keinginan yang dirasakan terhadap niat berwirausaha dengan menggunakan
pendekatan teori Shapero Entrepreneurial Event Model. Populasi dalam penelitian
ini adalah mahasiswa Kota Tarakan sebanyak 280 mahasiswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengukuran variabel
menggunakan skala likert dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang
digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) dengan alat bantu software
SPSS dan LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan
kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, efikasi diri
berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha, dan keinginan yang
dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha.
kata kunci :Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Keinginan yang Dirasakan,
Niat Berwirausaha
This research aims to examine the influence of entrepreneurship education, self-efficacy and perceived desirability on entrepreneurial intentions using a theoretical approach Shapero Entrepreneurial Event Model. The population in this study was 280 Tarakan City students. This research uses a quantitative approach with a survey methode. Variable measurements used a Likert scale and the sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling method. The analysis technique used is SEM (Structural Equation Modeling) with sofware SPSS dan LISREL 8.80. The research results show the entrepreneurship educationhas a positive and significant effect on self-efficacy, self-efficacy has a positive and significant effect on entrepreneurial intention, and perceived desirability has a positive and significant effect on entrepreneurial intentions.