Eksperimentasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eksperimentasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Matematis  Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 13 Tarakan

Eksperimentasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 13 Tarakan

Pengarang : Musyafira Mansur - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas VII di SMPN 13 Tarakan. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN Negeri 13 Tarakan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh sampel pada penelitian ini 59 siswa yaitu 30 siswa kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data keterampilan berpikir kreatif matematis menggunakan tes yaitu pretest dan posttest yang masing-masing terdiri dari 3 soal uraian dengan soal yang berbeda. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan uji One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving(CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas VII di SMPN 13 Tarakan, hal ini sesuai dengan hasil perhitungan uji One Way ANOVA diperoleh nilai F_hitung:4,5863>F_tabel: 4,009 pada taraf signifikan 5%. Hasil ini diperkuat dengan nilai rata-rata hasil tes keterampilan berpikir kreatif matematis dikelas yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving(CPS) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil tes keterampilan berpikir kreatif matematis di kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas VII di SMPN 13 Tarakan.

Kata Kunci: Creative Problem Solving, Berpikir Kreatif

This study aims to determine the effect of the Creative Problem Solving (CPS) learning model on grade VII students' mathematical creative thinking skills at SMPN 13 Tarakan. This research used Quasi-Experimental. The population was all SMPN Negeri 13 Tarakan seventh-grade students in 2023/2024. The sampling technique was a simple random sampling technique, so the sample in this study obtained 59 students, namely 30 students from class VII-3 as the experimental class and 29 students from class VII-2 as the control class: data collection using pretest and posttest, each consisting of 3 description questions with different questions. The research data were analysed using descriptive analysis and the One Way ANOVA test. The results showed an effect of the Creative Problem Solving (CPS) learning model on mathematical creative thinking skills in seventh-grade students at SMPN 13 Tarakan. Based on the statistical results of the One-way ANOVA test calculation, the Fcount value is 4.5863>Ftabel: 4.009 at a significant level of 5%. This result was reinforced by the average value of the test results of mathematical creative thinking skills in classes that use the Creative Probability learning model. Keywords: Creative Problem Solving, Creative Thinking

Detail Informasi